Iklan

IDBC dan Kemendagri Teken MoU Tingkatkan Kerjasama Daerah

Redaksi Net24Jam
02/08/20, 00:34 WIB Last Updated 2020-08-01T17:43:22Z

Jakarta, NET24JAM.id - Dewan Bisnis Diaspora Indonesia (IDBC) memutuskan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) guna meningkatkan kerja sama provinsi/kota bersaudara (kota saudara/provinsi) antara pemerintah daerah di Indonesia dan Australia. 

Penandatanganan MoU antara Direktur Regional IDBC Australia Astrid Vasile dan Kepala Pusat Fasilitasi Kerjasama Setjen Kemendagri Nelson Simanjuntak berlanjut di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Rabu (1/8/2018). 

Astrid menjelaskan peningkatan hubungan saudara kota/provinsi antara pemerintah daerah di Indonesia dan Australia akan menguntungkan kedua daerah. "Selain mendekatkan penduduk dari dua daerah yang berbeda, kota kembar/provinsi mendorong pertumbuhan sektor di kedua daerah sehingga dapat menciptakan pekerjaan," katanya. 

Astrid menambah potensi bisnis di antara kedua area juga dapat memperbesar. "Program saudara kota/provinsi dapat membantu mencari mitra bisnis yang ideal serta menawarkan peluang bisnis dan investasi untuk para pelaku usaha yang ingin menambah pasar baru," pungkas Astrid yang juga seorang pebisnis sukses di sektor konstruksi di Australia. 

Mewakili Kemendagri, Nelson mengatakan sebagai MoU yang membuat kesepakatan bagi para pihak dalam kerjasama yang dikembangkan saudara kota/provinsi yang bermanfaat bagi kedua daerah di Indonesia dan Australia. 

“Fungsi MoU ini adalah sebagai dasar kedua belah pihak untuk dapat membantu daerah dalam merinci hubungan apa saja yang dapat bermanfaat bagi kedua daerah yang bersepakat menjalin kerja sama saudara kota/provinsi. Disamping itu dengan ditetapkannya Peraturan Pemerintah RI No. 28 Tahun 2018 tentang Kerja Sama Daerah pada tanggal 12 Juli 2018, yang salah diterbitkan tentang kerja sama Daerah dengan Pemda di Luar Negeri, diharapkan pemerintah daerah dapat melakukan kerja sama saudara kota/provinsi lebih jelas dan terarah di bawah koordinasi Kementerian Dalam Negeri dalam hal ini Pusat Fasilitasi Kerja Sama.

Presiden IDBC Fify Manan yang ikut hadir dalam penandatanganan MoU mengatakan bahwa pihaknya akan terus mendukung peningkatan saudari kota / provinsi. 

"IDBC akan terus memfasilitasi hubungan yang lebih banyak hubungan saudara kota/provinsi antara Indonesia dan negara lain karena manfaatnya yang cukup banyak untuk kedua belah pihak," tutur Fify.  

Adik kota /provinsi adalah konsep penggandengan dua daerah yang dilakukan oleh pemerintah daerah di Indonesia dengan pemerintah daerah di luar negeri, yang memiliki kesetaraan wilayah administrasi dan persamaan karakteristik dengan tujuan mempererat persahabatan antara kedua daerah melalui kontak sosial antar masyarakat. Selain bermanfaat bagi sosial, kota kembar/provinsi juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah melalui hubungan perdagangan dan bisnis antara perlindungan bisnis di kedua daerah. 

Kota-kota di Indonesia yang memiliki hubungan kota saudara, antara lain, Surabaya dengan Liverpool, Inggris (2018), Sumatera Utara dengan Kabupaten Bekes, Hongaria (2017), Bandung dengan Namur, Belgia (2017).

Sebelumnya, IDBC berperan aktif dalam menghubungkan hubungan antara Padang dan Fremantle (Australia) dengan memfasilitasi berbagai pertemuan antara kedua walikota. 

Pada 3 Mei 2017, Wali Kota Padang Mahyeldi dan Wali Kota Fremantle Brad Pettitt menyetujui Surat Tujuan sebagai penanda hubungan saudara kota yang membahas tentang peningkatan hubungan di sektor pariwisata, perdagangan, pembangunan infrastruktur, serta peningkatan sumber daya manusia. (*)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • IDBC dan Kemendagri Teken MoU Tingkatkan Kerjasama Daerah

Terkait

Iklan