Iklan

Iklan

Jadikanlah Hati Anda Sebagai Surga

25/10/20, 17:51 WIB Last Updated 2020-10-25T10:51:14Z

Gambar ilustrasi

Oleh : Ridwan Fahlevi


NET24JAM.ID - Pemikiran merupakan suatu yang sangat berharga, yang pada kenyataannya tidak mungkin dapat dicabut dari akarnya. Karena hal itulah yang membuat orang sanggup menghadapi segala macam ujian kehidupan.


Didalam kehidupan ini, kebanyakan orang berhasil mendapatkan apa yang diinginkannya, namun masih ada juga yang hidup dalam cengkraman kegelisahan dan kepasrahan.


Viktor Frankie adalah Psikoanalis yang beraliran feminis, pernah disandera oleh tentara Nazi pada perang dunia kedua. Dia mengalami berbagai macam siksaan.


Kisah yang dialaminya itu dia tulis dalam catatan pendek yang berjudul "Man Search For Meaning".


Pada awalnya, Viktor Frankie mencetak tulisannya dalam jumlah yang terbatas, karena dirinya hanya ingin membagikan buku hasil tulisannya tersebut kepada sejumlah teman sejawatnya saja.


Akan tetapi, melihat pentingnya isi yang disajikan, akhirnya buku pengalaman dirinya itu dicetak dalam jumlah jutaan dan diterjemahkan ke 24 bahasa asing.


Apa yang dituturkan oleh Viktor Frankie pada pengalamannya dalam sekapan itu sangat aneh, dia melihat orang-orang yang disiksa hanya diam dan pasrah.


Didalam tulisannya tertera "Terutama ketika siksaan itu tak berkaitan dengan dengan kekuatan fisik. Orang yang lemah jadi terlunta-lunta dan yang kuat tetap bertahan, akan tetapi tak jarang yang terjadi malah justru sebaliknya dan tak bisa dinalar dengan logika".


Ketika itu, untuk mendapatkan jawabannya, Viktor Frankie mulai mempelajari sejumlah orang yang kebetulan bersamanya. Dia melihat dari berbagai macam faktor yang bersifat pribadi, diantaranya adalah kesehatan, semangat hidup, keluarga, kecerdasan dan cara-cara mempertahankan diri.


Setelah sekian lama meneliti dan merenungkan, Viktor Frankie mendapatkan kesimpulan yang sangat penting yakni, "Orang yang bertahan hidup sekeras apapun penderitaannya adalah orang yang didalam dirinya terdapat sebuah ruang yang khusus. Sebuah dunia yang mampu memberinya cita-cita yang kuat  meskipun orang tersebut menghadapi berbagai tantangan, hal itulah yang memberikan harapan".


Sobat Net24jam, orang yang mempunyai pandangan optimis terhadap masa depannya akan mempunyai motivasi yang dapat menyelamatkannya dari sikap pasrah terhadap sejumlah masalah dan musibah yang menimpanya. Jadi, orang yang diri atau batinnya mengalami pukulan berat, bisa dikatakan bahwa dia berada diambang pintu kematian.


Mengingat hal itu tak mengherankan apabila terdapat seorang Ulama terkenal yakni Ibnu Taimiyah, yang sanggup bertahan hidup dalam siksaan.


Meski disiksa, Ibnu Taimiyah mengolok-olok musuhnya dengan berkata "Pupuslah harapanmu! Apa yang akan kamu lakukan terhadapku? Jika kamu ingin memenjarakanku, maka penjara adalah tempat menyepi yang baik buatku. Jika kamu ingin membuangku, maka pembuangan adalah sebuah liburan buatku. Jika kamu membunuhku, maka kematianku adalah taman cinta dijalan Allah. Wahai orang-orang yang tolol! Surgaku telah bersemayam didalam hatiku, dan tak ada yang dapat menguasainya kecuali hanya Allah semata".


Selain Ibnu Taimiyah, ternyata Syeikh Yusuf Qardawi melantunkan syair-syairnya ketika dirinya berada dipenjara untuk mengejek orang-orang yang menindasnya.


Berikut syair Syeikh Yusuf Qardawi ;


Mereka menutup jalanku dengan kitab-kitabku sedangkan ia tak ubahnya karib bagiku,


Jika kau mau ambillah kitabku! Karena Al-Qur'an adalah tempat aku bertumpu, aku baca dengan Tartil dalam keindahan senandungku,


Jika kau mau ambil mushafku! Karena dalam setiap yang nista dalam matamu terpancar nur keyakinan yang selalu membimbingku, 


Allah selalu menolongku dengan payung keyakinanku, apakah engkau manusia sanggup menindasnya?!


Sobat Net24jam, alangkah bahagianya orang yang menjadikan hatinya sebagai tempat bersemayam surganya yang selalu dia perhatikan dan dijadikan sebagai tumpuan ketika tertimpa berbagai macam ujian kehidupan.


Jadilah orang yang kukuh dan bersemangat, yang selalu dipenuhi dengan sejumlah harapan yang positif dan yakin bahwa Allah akan selalu melimpahkan tambahan kebahagiaan didalam diri anda. 


Pada akhirnya anda dapat menemukan kedamaian itu, sehingga anda tak perlu lagi mencarinya diluar diri anda. 


"Surga hanya milik seseorang, didalam dirinya justru terdapat surga itu sendiri".



Sumber : Karim Asy-Syadzily dan terinspirasi oleh sebuah perjalanan hidup.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jadikanlah Hati Anda Sebagai Surga

Terkait

Iklan