Iklan

Sudari ST Minta Rumah Sakit Tipe C di Medan Labuhan Dioperasikan

15/11/20, 20:18 WIB Last Updated 2020-11-15T13:18:13Z

Rapat Komisi II DPRD Medan Bahas RAPBD Kota Medan

MEDAN, NET24JAM.ID - Pembangunan Rumah Sakit Tipe C yang terletak di Jalan KL Yos Sudarso Km 19 Kelurahan Pekan Labuhan Kecamatan Medan Labuhan Kota Medan Provinsi Sumatera Utara tersebut telah rampung pada 2019 lalu.


Kendati sudah rampung tahap pembangunan, namun rumah sakit itu hingga saat ini belum juga dioperasikan.


Menanggapi hal ini, Komisi II DPRD Kota Medan mendorong Pemerintah Kota (Pemko) Medan untuk segera merealisasikan operasional rumah sakit tersebut.


Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Medan Sudari ST mengatakan, pengoperasian rumah sakit tipe C milik Pemko Medan itu diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat di Kota Medan khususnya di kawasan Medan bagian Utara.


"Karena target rumah sakit ini dioperasikan seharusnya pada tahun 2020. Akan tetapi hingga saat ini belum juga direalisasikan. Untuk itu kita dorong agar rumah sakit itu bisa dioperasikan di tahun 2021 mendatang," kata Sudari usai rapat pembahasan RAPBD Kota Medan Tahun 2021 di ruang rapat Komisi II DPRD Medan, Minggu (15/11/2020).


Pada rapat RAPBD 2021 komisi II DPRD Medan itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Edwin Effendy menyampaikan bahwa dana yang dianggarkan untuk operasional Rumah Sakit Medan Labuhan sebesar Rp17 Miliar.


"Untuk tahun ini dianggarkan sebesar 17 Miliar untuk pengadaan alat kesehatan, tenaga kesehatan, serta infrastruktur kesehatan pendukung lainnya," ujar Edwin.


Ia menjelaskan bahwa berdasarkan kajian konsultan, untuk realisasi operasional Rumah Sakit tipe C Medan Labuhan dibutuhkan biaya sebesar Rp75 Miliar.


"Kalau berdasarkan kajian konsultan dana yang dibutuhkan sebesar 75 Miliar yang dialokasikan untuk peralatan kesehatan dan tenaga kesehatan sebanyak 250 an tenaga kesehatan," jelasnya.


Edwin mengaku tidak dapat menargetkan kapan pastinya Rumah Sakit Medan Labuhan mulai beroperasi.


"Ya ini tergantung bagaimana ketersediaan dana yang diberikan. Yang jelas akan diusahakan segera direalisasikan. Untuk kebutuhan tenaga kesehatan kita manfaat kan yang sudah ada," papar Edwin.


(Red/Tri)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sudari ST Minta Rumah Sakit Tipe C di Medan Labuhan Dioperasikan

Terkait

Iklan