Iklan

DPP FKIB "Pentingnya Rasa Nasionalisme Ditanamkan Sejak Dini"

23/02/21, 15:12 WIB Last Updated 2021-06-21T09:03:05Z



Medan, NET24JAM.ID - Ketua Dewan Pimpinan Pusat Forum Kebhinnekaa Indonesia Bersatu (DPP FKIB) Ustadz Martono, S.Pd. SH di dampingi Seketaris Pendeta Hulman Tinambunan, S.Th., bersilaturahmi dengan Panit Subdit 1  Ditintelkam Polda Sumatera Utara Ipda Jhon Siahaan,Senin (22/2/2021) tepatnya di Jalan Letda Sujono depan Polsek Percut Sei Tuan.


Dalam silaturahmi tersebut, pènasehat Angkatan Muda Sisingamangaraja XII ini membahas tentang hal-hal yang berhubungan dengan Nasionalisme, Pancasila, Kebhinekaan dan NKRI.


"Rasa nasionalis sebagian masyarakat kita sudah mulai terkikis, hal ini disebabkan karena kurangnya edukasi kepada masyarakat terutama di kalangan masyarakat, apalagi pelajaran Pendidikan Moral Pancasila dan Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa telah ditiadakan dari kurikulum pendidikan nasional," ujar Ustadz Martono.


Menurutnya, menjamurnya paham-paham dari luar budaya Indonesia, dikhawatirkan akan menggerogoti dan mengikis budaya asli Indonesia.


"Memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya rasa nasionalisme ditanamkan sejak dini untuk menangkal paham-paham eklusivisme, politik identitas, bahkan intoleransi sebagai bibit bibit radikalisme," ungkap tokoh agama yang dikenal energik tersebut.


Dikatakannya, pemahaman dari kelompok tertentu yang dinilai tidak benar, dapat mempengaruhi masyarakat untuk merubah Pancasila dengan ideologi lain.


"Bila hal itu tidak dicegah dan terus dibiarkan berkembang biak, bukan tidak mungkin Indonesia bernasib sama seperti negara-negara yang selalu dilanda perang saudara seperti Suriah, Afganistan, Libya, irak dan lainnya," kata Ustadz Martono.


Dia mengaku bersyukur hingga saat ini rakyat Indonesia masih banyak menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta masih saling menghormati satu sama lainnya.


"Kedepannya kami bersama elemen masyarakat lainnya kemungkinan besar akan selalu membuat acara seperti seminar, talk show, dialog interaktif yang bernuansa kebangsaan," ucapnya.


Disela-sela silaturahmi, Pendeta Hulman Tinambunan mengatakan siap bekerja sama dengan Polda Sumatera Utara dalam merawat kebhinekaan.


"Kami siap bersinergi dengan pemerintah maupun aparat penegak hukum dalam merawat kebhinekaan di Indonesia khususnya Sumatera Utara," tutur Pendeta Hulman Tinambunan.


(Ridwan)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • DPP FKIB "Pentingnya Rasa Nasionalisme Ditanamkan Sejak Dini"

Terkait

Iklan