Iklan

Iklan

Kapolres dan Forkopimda Pakpak Bharat Jalani Vaksinasi Covid-19 Tahap I

09/02/21, 10:18 WIB Last Updated 2021-02-09T03:18:30Z

Forkopimda Pakpak Bharat dan tenaga medis usai vaksinasi covid-19

Pakpak Bharat, NET24JAM.ID - Program vaksinasi adalah program pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Covid-19, program vaksinasi ini juga sebagai salah satu upaya agar Indonesia segera terbebas dari wabah Covid-19. 


Terkait hal ini Kapolres Pakpak Bharat bersama unsur Forkopimda serta tokoh masyarakat di Kabupaten Pakpak Bharat menjadi yang pertama menerima vaksin Covid-19 jenis Sinovac tahap I di Gedung Balai Sada Arih Pemkab Pakpak Bharat,  Senin (8/2/2021) 


Kegiatan itu bertujuan untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap keamanan dan kehalalan Vaksin Covid-19.


Vaksin Sinovac Covid-19 ialah vaksin yang aman dan halal, dikarenakan telah melalui mekanisme sertifikasi yang dikeluarkan oleh MUI dan BPOM Indonesia.


Adapun alur penyuntikan vaksin sinovac covid-19 tahap pertama yang dilakukan yaitu pemeriksaan secara administrasi dan pengecekan fisik. Setiap orang yang akan divaksin harus melalui empat pos dan mereka akan diperiksa juga screening sebelum disuntik.


Pos pertama, orang yang akan disuntik vaksin harus lolos verifikasi pendaftaran, lalu ke pos dua untuk screening dan anamnase, pos ini calon penerima Vaksin akan diperiksa secara detail termasuk ada tidaknya penyakit penyerta.


"Pos dua ini akan diberikan pertanyaan sebanyak 16 item termasuk ada tidaknya penyakit bawaan. Jika ada satu saja item yang tidak sesuai syarat, maka dia tidak boleh menerima Vaksin," kata petugas medis.


Jika lolos di pos dua, maka tahapan berikutnya adalah pemberian Vaksin Sinovac Covid-19 yang berada di pos tiga. 


Usai disuntik, penerima vaksin akan menjalani masa observasi selama 30 menit di pos empat. Observasi ini untuk melihat gejala klinis yang muncul setelah pemberian vaksin.


"Alhamdulillah, pelaksanaan suntik Vaksin Sinovac yang dijalani oleh 10 orang pejabat Esensial berlangsung lancar dan aman, tidak ada gejala apapun setelah dilakukan suntik vaksin tersebut," ucap salah satu petugas medis.


Sementara Kapolres Pakpak Barat AKBP Alamsyah P. Hasibuan, SIK, MH., menyampaikan kepada seluruh masyarakat terkhususnya masyarakat Pakpak Bharat agar jangan takut untuk menerima vaksin, dikarenakan vaksin ini penting untuk meningkatkan imun kita menuju kekebalan kelompok (Herd Immunity).


Untuk itu, dirinya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Pakpak Bharat  untuk bergandengan tangan membantu pemerintah dan jangan takut di vaksin. Karena langkah yang diambil oleh pemerintah ini tidak lain adalah bertujuan untuk memutuskan rantai penyebaran covid-19 agar kita semua terbebas dari virus corona.


"Tujuan dari vaksin ini adalah untuk melindungi diri saya, keluarga dan masyarakat dari pandemi Covid-19. Saya juga menghimbau kepada masyarakat, tidak perlu ada kekhawatiran tentang vaksin ini, laksanakan vaksin secara baik, sesuai prosedur dan SOP yang berlaku. 

Yakinlah pemerintah bertujuan untuk menjaga kesehatan dari masyarakat agar terlindung dari bahaya virus Corona (Covid-19)," tegas Kapolres


Kemudian Forkopimda secara menyeluruh saat usai kegiatan berlangsung mengatakan bahwa vaksin sinovac tersebut aman. 


Selama menjalani vaksinasi, seluruh Forkopimda Pakpak Bharat tidak merasakan apa-apa bahkan hingga observasi selama 30 menit tidak terjadi apa-apa.


Pj Bupati Pakpak Bharat juga mengatakan bahwa Vaksin ini merupakan vaksin Sinovac Covid-19 pertama yang diterima yang kemudian vaksinasi kedua akan diterima pada 19 Februari 2021 mendatang.


"Vaksin ini aman, sama sekali tidak ada gejala apa-apa dan sejauh ini saya baik-baik saja. vaksin kedua akan saya terima pada tanggal 17 Februari 2021 mendatang," ungkapnya.


(MB Napitupulu)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kapolres dan Forkopimda Pakpak Bharat Jalani Vaksinasi Covid-19 Tahap I

Terkait

Iklan