Iklan

Iklan

Si Anak Medan Jadi Kapolda Sumut, Berikut Profil RZ Panca Putra Simanjuntak

19/02/21, 14:32 WIB Last Updated 2021-02-19T07:32:24Z



MEDAN, NET24JAM.ID - Mutasi besar-besaran pada jajaran Pejabat Tinggi Kepolisian Republik Indonesia (Polri), RZ Panca Putra Simanjuntak ditunjuk menjadi Kapolda Sumatera Utara (Sumut) menggantikan Martuani Sormin.


Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi sejumlah kapolda di Tanah Air, termasuk di Sumatera Utara. Rotasi Kapolda Sumut tersebut tertuang dalam telegram rahasia (STR) yang dikeluarkan Kapolri dengan nomor ST/318/II/KEP/2021 yang diterima wartawan, Kamis (18/2/2021)


Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak Kapolda Sulut diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolda Sumut, bunyi petikan surat telegram tersebut.


Sementara Irjen Martuani Sormin yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sumut akan diangkat pada jabatan baru sebagai Koorsahli Kapolri.


Penunjukan Irjen Panca Putra sebagai Kapolda Sumut bukanlah orang baru, pasalnya dia merupakan kelahiran Medan tahun 1969 dan lulusan Akpol tahun 1990 ini sebelum menjabat Kapolda Sulut, Panca Putra diketahui mejabat sebagai Direktur Penyidikan di KPK. Sederet prestasi telah ditorehkan Panca selama bertugas di KPK.


Usai ditarik dari KPK saat itu Panca ditarik ke Polri untuk dipromosikan untuk menjadi Widyaiswara Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri.


Selama di KPK, Panca juga sempat mengemban 'double job desk' atau dua tugas. Dua tugas itu adalah Direktur Penyidikan KPK dan Plt Deputi Penindakan KPK sejak 19 Juni 2019 hingga April 2020 yang lalu.


Meski mengemban dua tugas, Panca mampu menyelesaikan penanganan kasus-kasus besar di KPK.


Berikut kasus-kasus besar yang dituntaskan Panca selama bertugas di KPK, diantaranya : 


  1. Menuntaskan proses penyidikan kasus Tubagus Chaeri Wardana dalam perkara tindak pidana pencucian uang.


  1. Menuntaskan penanganan kasus korupsi pengadaan pesawat dan mesin pesawat di PT Garuda Indonesia yang menjerat eks Dirut PT Garuda Indonesia Emirsyah Satar dan Soetikno Soedarjo. Kasus ini saat ini masuk tahap persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta.


  1. Menangkap buron KPK dalam kasus penyuapan panitera Pengadilan Negeri Jakpus Eddy Sundoro yang telah melarikan diri selama 2 tahun lebih.


  1. Kegiatan OTT KPK tahun 2019 sebanyak 21 kasus serta banyak lagi kasus yang ditingkatkan ke tahap penyidikan.


Saat itu Panca menjabat sebagai Direktur Penyidikan sekaligus Deputi Penindakan. Irjen Panca dinilai mampu menstabilisasikan situasi di Internal KPK termasuk pemilihan Ketua KPK dan terbitnya Undang Undang KPK No 19 /2019.


Adapun rekam jejak Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak ;


  1. Kapolres Banyumas

  2. Kapolres Tegal (2010)

  3. Wadirreskrimsus Polda Jateng (2011)

  4. Dirreskrimsus Polda Kalteng (2012)

  5. Dosen Utama STIK Lemdikpol (2013)

  6. Wadirtipidum Bareskrim Polri (2017)

  7. Direktur Penyidikan KPK[1] (2018)

  8. Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri (2020)

  9. Kapolda Sulawesi Utara (2020)

  10. Kapolda Sumatera Utara (2021)


(MB Napitupulu)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Si Anak Medan Jadi Kapolda Sumut, Berikut Profil RZ Panca Putra Simanjuntak

Terkait

Iklan