Iklan

Iklan

PLN UP3 Sosialisasi Aplikasi New PLN Mobile

Redaksi
08/03/21, 12:33 WIB Last Updated 2021-03-08T05:33:35Z

 


MEDAN, NET24JAM.ID - PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Medan Bersama Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), selenggarakan Sosialisasi Ketenagalistrikan dan Pengenalan New PLN Mobile sebagai langkah kerja sama mendukung penguatan pelayanan PLN di Sumatera Utara khususnya Kota Medan. 


Kegiatan yang diinisiasi oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) GMNI diselenggarakan serta bekerja sama dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) dengan pokok kegiatannya adalah pelatihan Jurnalistik dan mengusung tema "Mengedepankan kreativitas & intelektualitas kader dalam bidang jurnalistik & leardership" yang dilaksanakan di Jl. Bunga Raya No.96, Asam Kumbang, Kec. Medan Selayang, Kota Medan, Sumatera Utara, Minggu (7/3/2021).


Manager PT PLN (Persero) UP3 Medan, Dian Herizal diwakili oleh Manager Unit Layanan Pelanggan Sunggal, Tri rahayu menyampaikan bahwa guna memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya listrik bagi kehidupan, sekaligus demi menjaga dan memperkecil tingkat kecelakaan umum akibat bahaya energi listrik yang tidak dipergunakan dengan semestinya, jajaran PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Medan, secara aktif dan berkesinambungan, terus melakukan sosialisasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat, baik di tengah permukiman, akademisi maupun lembaga. 


Dalam kesempatan itu, Pejabat Pelaksana Keselamatan dan Kesehatan Kerja & Lingkungan (K3L) PLN ULP Sunggal, Budi Kurniawan Selalu Pemateri menjelaskan bahwa, dalam beberapa kasus kebakaran di Kota Medan khususnya karena disebabkan korsleting listrik (arus pendek), itu terjadi karena adanya beban berlebihan sehingga kabel pada instalasi listrik menjadi panas dan menyebabkan isolasi kabel meleleh. 


Alhasil, kabel positif dan negatif pun beradu sehingga menyebabkan percikan api yang lambat laun membesar, hingga akhirnya memicu kebakaran.


“Sebaiknya kabel listrik itu memiliki ukuran standart sesuai dengan kebutuhan arus listrik yang akan mengalir pada kabel tersebut. Ketentuan besar ukuran penampang kabel terhadap kebutuhan arus atau beban pemakaian energi listrik dapat dilihat dan tertulis pada Peraturan Umum Instalasi Listrik (PUIL) 2011 yang dapat kita semua download dari Internet,” jelas Budi. 


Peserta Sosialisasi dalam pelatihan jurnalistik ini terdiri perwakilan 13 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) GMNI se - Sumatera Utara yang pada masing-masing DPC mengirimkan maksimal 3 orang perwakilan. 


Dalam acara PLN UP3 Medan juga memperkenalkan produk terbaru dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yaitu aplikasi New PLN Mobile. 


Aplikasi PLN terbaru ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam menikmati layanan kelistrikan dengan cara yang mudah, praktis, dan aman.


Dengan menggunakan aplikasi New PLN Mobile, kita dapat melakukan pembelian token, membayar tagihan rekening listrik, Mencatat meter secara mandiri, melakukan permohonan pasang baru dan tambah, serta bisa juga melaporkan jika terjadi gangguan listrik di rumah, serta masih banyak lagi kemudahan-kemudahan layanan kelistrikan lainnya. Jadi sangat memudahkan kita selalu pengguna listrik apalagi di masa pandemi covid-19. 


Dalam kesempatan yang sama, kegiatan yang dihadiri oleh Ketua DPD GMNI Sumut, Paulus Gulo mengatakan sosialisasi dan edukasi yang PLN berikan sangatlah penting bertujuan untuk menambah wawasan kami para mahasiswa dalam memahami dan memanfaatkan energi listrik dengan baik.


"Sehingga, Mahasiswa sebagai generasi muda dapat selalu menjadi sarana media komunikasi yang bisa mengedukasi secara baik dan efektif kepada masyarakat," tutupnya.


Hingga kegiatan selesai, acara sosialisasi ketenagalistrikan yang dilaksanakan oleh GMNI dan PLN UP3 Medan tersebut berjalan sukses dan lancar ditutup dengan pemberian plakat sebagai tanda penghargaan. (Ras)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PLN UP3 Sosialisasi Aplikasi New PLN Mobile

Terkait

Iklan