Iklan

Iklan

Gantari Nusa Dukung Jokowi dan Sandiaga Uno Dalam Kebangkitan Parekraf 2021

13/04/21, 21:22 WIB Last Updated 2021-04-13T14:22:42Z



Medan, NET24JAM.ID -  Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menegaskan bahwa tahun 2021 menjadi momentum kebangkitan hidup, dan juga kebangkitan Parekraf.


Pernyataan Presiden Jokowi dan Menteri Sandiaga Uno tersebut perlu disambut dan didukung semua lapisan masyarakat.


Dalam rangka mendukung komitmen pemerintah dalam upaya kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif, menuju kebangkitan hidup baru akibat pandemi Covid-19, sejumlah elemen masyarakat mendeklarasikan diri dalam Gerakan Kebangkitan Pariwisata Nusantara atau Gantari Nusa, Jakarta, Senin 12 April 2021.


Elemen yang tergabung dalam Gantari Nusa yaitu Perkumpulan Multimedia Transformasi Indonesia (Matra id), Persatuan Ojek Online Nusantara (Pesona), Budaya Nusantara Parekraf (BN Parekraf), Paguyuban Media Online (Pameo), dan pelaku UMKM.


"Sebagai praktisi moda transportasi online mendukung kebijakan pemerintah untuk kebangkitan parekraf, termasuk di dalamnya kebangkitan UMKM, dan untuk itu kami siap berpartisipasi," ungkap Nanang dari Pesona, dalam keterangan pers, Selasa (13/4/2021).


Sementara itu, Danang dari penggiat usaha wisata kebudayaan menjelaskan bahwa kebangkitan parekraf yang dicanangkan pemerintah perlu didukung praktisi dan penggiat kemasyarakatan, khususnya bidang parekraf.


"Sebagai penggiat wisata kebudayaan, pencanangan kebangkitan parekraf oleh pemerintah menjadi angin segar, dan semangat optimisme baru. BN Parekraf mendorong berdirinya Gantari Nusa, dan siap berkolaborasi dengan pemerintah, sebagaimana pernyataan Menparekraf Sandiaga Uno," jelas Danang, berdomisili di Solo, Jawa Tengah.


Momentum kebangkitan parekraf disambut positif dan antusias oleh pelaku UMKM. Sebagaimana disampaikan Fitrilya Eka Trisna.


"Sebagai pelaku UMKM, jelas senang dan menyambut baik pencanangan kebangkitan parekraf, ini angin segar bagi pelaku UMKM untuk bangkit, semoga pemerintah bersedia berkolaborasi dengan Gantari Nusa untuk kebangkitan UMKM," ujar Eka Trisna.


Gantari Nusa dideklarasikan oleh para praktisi dan penggiat media online juga media sosial. Sebagaimana dikemukakan Meyrist, jurnalis media online, dan Deddy praktisi multimedia.


"Dampak pandemi Covid-19, sebenarnya tidak hanya menghantam pariwisata dan ekonomi kreatif semata-mata, tetapi kami juga jurnalis media online sangat terasa terkena dampak tersebut, tapi kami tidak boleh patah semangat, apalagi Presiden Jokowi sudah mencanangkan tahun 2021 sebagai momentum kebangkitan hidup, kita masyarakat harus mendukung komitmen tersebut," tandas Meyrist. 


Perkumpulan Matra id sebagai wadah jejaring praktisi dan penggiat media sosial ataupun komunitas digital lainnya, memandang penting untuk mendukung pernyataan Presiden Jokowi dan Menparekraf Sandiaga Uno terkait momentum kebangkitan hidup di tahun 2021, dan juga kebangkitan parekraf.


"Kami siap berkolaborasi untuk itu," sambung Deddy yang juga Koordinator Tim Kerja Gantari Nusa.


Deddy menjelaskan Gantari Nusa nantinya akan hadir disejumlah daerah, utamanya daerah-daerah yang memiliki destinasi wisata prioritas.


Secara khusus 5 provinsi destinasi wisata super prioritas, yakni Sumatera Utara dengan Danau Toba, Jawa Tengah dengan Borobudur, Sulawesi Utara dengan Taman Laut Likupang, NTT dengan Mandalika Sirkuit Balap MotoGP, dan NTB dengan Labuan Bajo Pulau Komodo.


Gantari Nusa mempunyai platform yang akan menjadi program utama, seperti mendorong kesiapan kota penopang destinasi wisata, gerakan toilet bersih destinasi, dan royal heritage trip.


Selain akan menjalankan platform program utama, Gantari Nusa juga mendukung kebijakan pemerintah dalam upaya menyiapkan aktivasi destinasi wisata, yakni dengan turut mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan, serta mensukseskan vaksinasi Covid-19 terkhusus dalam bulan suci Ramadhan 1442 hijriah. (Ras)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Gantari Nusa Dukung Jokowi dan Sandiaga Uno Dalam Kebangkitan Parekraf 2021

Terkait

Iklan