Iklan

Iklan

Masyarakat Meminta P2KD-AW Desa Pegaggan Julu lll, Jalankan Tupoksinya Dengan Benar

27/04/21, 22:16 WIB Last Updated 2021-05-24T03:58:34Z

Sumbul, NET24JAM.lD - Kantor Desa Pegaggan Julu lll, Kecamatan Sumbul, Kabupaten Dairi, ramai dikunjungi oleh para pencari berita (Pers) pada hari Selasa 27/04/2021.


Ini di karenakan Jabatan sebagai Kepala Desa Pegaggan Julu lll sedang kosong, setelah sepeninggalan Alm Lomo Sinurat sebagai Kepala Desa Pegaggan Julu lll yang di karenakan telah meninggal dunia.


Sehingga BPD Desa Pegaggan Julu lll, lewat Panitia Pemilihan Kepala Desa Penganti Antar Waktu ( P2KD-AW) sibuk dalam melakukan penyaringan bakal calon Kepala Desa Penganti Antar Waktu di Desa mereka.

Ketika awak Media kami mewawancarai Ketua BPD Desa Pegaggan Julu lll, P Tondang mengatakan bahwa tugas kami hanya mengawasi dan monitoring, juga kami telah memilih Panitia Pemilihan Kepala Desa Penganti Antar Waktu (P2KD-AW) dan kami disini netral.


Kalau mau lebih lanjut saya sarankan orang bapak berbicara langsung saja kepada P2KD-AW, yang ketepatan masih di sini (sambil menunjukkan ruang mereka) ungkap P Tondang.

Saat kami meminta keterangan dari Ketua P2KD-AW bapak Rizal Purba, beliau menyampaikan bahwa bakal calon Kepala Desa Penganti Antar Waktu saat ini ada tujuh (7) orang antara lain ;

1). Kornelius Tamba, 2). Jimmi Robert Saragih, 3). Janarita Munthe, 4). Haposan Siboro, 5). Maria Rosany, 6). Vendri Perianto Lingga, 7). Anceria Maria Tamba.

Rizal Purba kembali menambahkan bahwa ketujuh bakal calon Kepala Desa Penganti Antar Waktu di Desa Pegaggan Julu lll, mereka ada empat (4) orang yang lulusan sarjana (S1) dan tiga (3) orang yang lulusan SMA.

Namun ketika di tanyakan kepada Ketua P2KD-AW Rizal Purba tentang apa dasar dan acuan dalam rangka melaksanakan Pemilihan Kepala Desa Penganti Antar Waktu ini, Rizal Purba menyampaikan kami sudah pasti menjalankan sesuai dengan Perda Bupati Dairi no 7 tahun 2019 tentang Pemilihan Kepala Desa Penganti Antar Waktu dan berkordinasi dengan pihak Dinas Pemerintah Desa Pemkab Dairi.

Namun kalau menurut Peraturan Daerah Bupati Dairi no 7 tahun 2019 pasal 35C ayat 4 yang berbunyi 

A. Memiliki pengalaman mengenai Pemerintahan Desa ; 

B. Tingkat pendidikan ; dan/atau

C. Persyaratan lain yang di tetapkan Bupati.

Rizal Purba menegaskan bahwa pada butir (A) hanya ada 3 orang yang kemungkinan bisa lolos yaitu Haposan Siboro yang pernah menjabat sebagai Kepala Desa di Desa Pegaggan Julu lll ini, Maria R Siboro yang pada saat ini sebagai Perangkat Desa kita, dan Janarita Munthe pernah berkerja di salah satu Desa yang ada di Simalungun. Sedangkan empat (4) orang lainnya pengalaman kerja mereka dibidang yang lain.

Ketiga bakal calon Kepala Desa Penganti Antar Waktu inilah yang memenuhi syarat sesuai Perda Bupati Dairi no 7 tahun 2019 pasal 35C ayat 4. Namun kami tetap berkomunikasi dengan Dinas Pemerintah Desa Pemkab Dairi, tutur Rizal Purba.

Haposan Siboro salahsatu bakal calon Kepala Desa Penganti Antar Waktu yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Desa Pegaggan Julu lll, Kecamatan Sumbul, Kabupaten Dairi, sejak tahun 2005 sampai dengan tahun 2011, mengatakan bahwa saya Menduga Disperdes ( Dinas Pemerintah Desa) masih menggodok peraturan tentang apa yang akan di laksanakan.

Haposan Siboro menambahkan, bahwa mereka tidak melaksanakan pemilihan Kepala Desa Penganti Antar Waktu sesuai aturan yang berlaku, melihat Perda no.7 tahun 2019 Pasal 53C ayat 4.

Padahal sudah ada peraturan Perda no 7 tahun 2019, itu saja yang di laksanakan ujar Haposan Siboro dengan tegas.

Saya yang telah pernah menjabat sebagai Kepala Desa di Desa Pegaggan Julu lll ini sekaligus bakal calon Kepala Desa Penganti Antar Waktu meminta agar BPD dan P2KD menjalankan Tupoksinya (Tugas, Pokok dan Fungsi) mereka dengan benar dan terbuka dan melakukan serta melaksanakan pemilihan bakal calon Kepala Desa Penganti Antar Waktu sesuai dengan aturan perundang-undangan yang ada, tutup Haposan Siboro. (MB Napitupulu)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Masyarakat Meminta P2KD-AW Desa Pegaggan Julu lll, Jalankan Tupoksinya Dengan Benar

Terkait

Iklan