Iklan

Banjir Rob Genangi Belawan, Mengingat Janji Kampanye Bobby Nasution-Aulia Rahman

Redaksi
25/06/21, 02:24 WIB Last Updated 2021-06-24T19:24:51Z

Ketika banjir rob genangi Belawan.

Medan, NET24JAM.ID - Pasang air laut atau di sebut banjir rob di Kecamatan Medan Belawan menjadi tempat bermain anak-anak Kota Belawan saat air pasang di halaman rumahnya.


Terlihat anak-anak Belawan berenang ketika pasang rob membanjiri wilayah Belawan dan ini seperti kolam renang musiman yang terjadi waktunya yang sudah tidak menentu.


Ketika air pasang datang di kota Belawan,anak-anak tersebut dengan asik berenang seperti kolam renang yang mereka rasakan dan ini merupakan tekanan bagi orang tua mereka.


Sungguh ironi terlihat, anak-anak tersebut berenang kesana kemari mengarungi air asin yang menggenangi halaman mereka dan seolah-olah anak-anak tersebut menganggap halamannya seperti kolam renang.


Hal tersebut terlihat tatkala banjir Rob menggenangi sepanjang Jalan Sumatra lingkungan 1 Kelurahan Belawan 1, Kecamatan Medan Belawan Kota Medan Provinsi Sumatera Utara, Kamis (24/6/2021) siang.


Pasang ROB terjadi sejak pukul 12 siang mulai menggenangi beberapa kawasan di Kecamatan Medan Belawan. Menjelang pukul 14.00 Wib, air pasang laut mulai memasuki jalan-jalan utama dan rumah rumah warga.


Tingginya air pasang ini menjadi keasyikan tersendiri bagi warga, terutama anak anak. Apa lagi saat ini anak anak sekolah belajar melalui aring. Tak perlu komando, puluhan anak-anak usia sekolah di beberapa lokasi yang tergenang banjir mulai nyemplung ke dalam air yang telah mirip kolam tersebut. 


Jadi, para orang tua tak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk membawa anak anak mereka ke kolam renang.


Bahkan, warga yang memiliki kenderaan pun tak perlu repot. Cukup menyiramkan air banjir ke kenderaan mereka.


"Banjir rob di Kecamatan Medan Belawan bukan rahasia umum lagi. Dan sampai hari ini, pemerintah terutama kepala daerah yang saat ini menjabat, belum menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan ini," ujar Safei salah seorang warga Belawan.


"Kalau sebelumnya banjir hanya menggenangi bagian parit, kini banjir Rob telah memasuki pemukiman warga dan juga jalan jalan utama di Kota Belawan," ujarnya menambahkan.


Namun, dibalik kesenangan yang dialami anak-anak tersebut, dampak dari air pasang bisa menyebabkan penyakit dan di antaranya yang paling menonjol penyakit kulit dan paru-paru apabila air tersebut terminum yang sudah tercemar limbah rumah tangga maupun industri.


Warga Belawan berharap agar pemerintah maupun swasta yang memiliki usaha di kawasan Belawan agar segera menemukan solusinya atau merelokasi mereka. Sebab, bila kondisi banjir ini tidak segera diatasi dapat mengganggu kesehatan anak-anak diusia yang masih sekolah. 


Sekilas Mengingat Janji Kampanye Bobby Nasution-Aulia Rahman


Seperti diketahui sebelumnya, saat kampanye di ajang Pilkada Kota Medan, Bobby Nasution-Aulia Rahman membeberkan sejumlah janji politik kepada masyarakat jika kelak menang Pilkada Medan. Bobby yang diusung sejumlah Partai Politik itu berjanji akan membuat Kota Medan lebih baik lagi dibandingkan kepemimpinan sebelumnya.


Kawasan medan bagian utara bila dirinya terpilih menjadi Wali Kota Medan. Bobby menyatakan langkah itu dijanjikannya demi mempercepat penanganan masalah di kawasan medan bagian utara. 


Menurutnya, selama ini kawasan medan bagian utara seolah tak tersentuh pembangunan karena selain kumuh, juga langganan banjir rob.


"Ketika nanti memimpin Kota Medan, kami berjanji akan berkantor di Belawan, dua bulan kami akan berkantor di Belawan. Kami lihat apa permasalahan Belawan, cari solusinya dan akan kami jelaskan ke masyarakat bagaimana menyelesaikan permasalahannya," ujar Bobby ketika menyampaikan janji kampanye di ajang Pilkada Kota Medan.


(Fen)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Banjir Rob Genangi Belawan, Mengingat Janji Kampanye Bobby Nasution-Aulia Rahman

Terkait

Iklan