Iklan

Hadiri Rakor PAKEM, FKIB : Doktrin Agama Menyimpang Bahayakan Keutuhan NKRI

Redaksi
24/06/21, 09:22 WIB Last Updated 2021-06-24T02:22:33Z



Deli Serdang, NET24JAM.ID - Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Keagamaan Masyarakat (PAKEM) Tahun 2021 berlangsung di Aula Lt. 2 Kejaksaan Negeri Deli Serdang, Selasa (22/6/2021).


Dalam rapat tersebut membahas isu-isu terkait aliran kepercayaan dan keagamaan yang berpotensi memecah belah NKRI. 


Kepala Kejaksaan Negeri Deli Serdang menghimbau agar segala permasalahan yang berpotensi memecah bela NKRI ditangani dengan serius dan terus melakukan koordinasi dengan Forkopimda Deli Serdang dan stakeholder terkait agar terciptanya masyarakat Kabupaten Deli Serdang yang aman dan kondusif.


Turut hadir pada Rapat Koordinasi  PAKAM, Ketua Dewan Pimpinan Pusat Forum Kebhinekaan Indonesia Bersatu (DPP FKIB) Ustadz Martono, SPd., SH.


Dalam pemaparannya Ustadz Martono  mengatakan aliran kepercayaan yang menyimpang dari tradisi dan budaya Indonesia serta ajaran agama yang menyimpang dari doktrin agama yang benar, sangat membahayakan keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia.


Menurutnya, aliran kepercayaan dan doktrin keagamaan yang menyimpang tersebut akan berpotensi melahirkan intoleransi dan menimbulkan perpecahan di tengah-tengah masyarakat serta gesekan gesekan konflik horizontal.


"Untuk itu kejaksaan harus sedini mungkin mengantisipasi timbulnya aliran kepercayaan dan agama yang menyimpang," ujar Ustadz Martono, Kamis (24/6/2021).


Hal tersebut sebagaimana yang telah diamanahkan dalam  Undang-Undang Nomor 15 Tahun 1961 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Kejaksaan Republik Indonesia Pasal 2 ayat (3) menyatakan bahwa “Kejaksaan mempunyai tugas mengawasi aliran-aliran kepercayaan yang dapat membahayakan masyarakat dan negara.


"FKIB siap bekerja sama dengan Kejari Deli Serdang untuk membina aliran kepercayaan dan keagamaan yang menyimpang dan memberikan pemahaman aliran kepercayaan dan keagamaan yang benar," tuturnya.


Ustadz Martono juga mengucapkan terima kasih kepada Kejari Deli Serdang yang telah mengundang FKIB dalam rapat koordinasi PAKAM tersebut sebagai undangan. 


Ia juga berharap agar komunikasi dengan Forkopimda deli serdang, serta tokoh agama, tokoh masyarakat terus di bangun agar pengawasan terhadap aliran  kepercayaan dan agama yang menyimpang di tengah-tengah masyarakat dapat diantisipasi sedini mungkin.  


"Bila hal itu terjadi setidaknya bisa diambil tindakan berupa persuasif berupa  pembinaan dan sesuai dengan program Kejari Deli Serdang, jaksa garda desa,  sehingga tercipta masyarakat Deli Serdang yang kondusif dan tertib hukum," tandas Ustadz Martono. 


(Rid/FKIB)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hadiri Rakor PAKEM, FKIB : Doktrin Agama Menyimpang Bahayakan Keutuhan NKRI

Terkait

Iklan