Iklan

China Menolak Penyelidikan WHO Lebih Lanjut Soal Asal Usul Covid-19

Redaksi
15/08/21, 09:41 WIB Last Updated 2021-08-15T02:42:06Z

Personel keamanan berjaga di luar Institut Virologi Wuhan.

Wuhan, NET24JAM.ID - China menolak seruan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk penyelidikan baru tentang asal-usul COVID-19, dengan mengatakan itu mendukung upaya "ilmiah" atas "politik" untuk mengetahui bagaimana virus itu dimulai, Jumat (13/8/2021) lalu.


Penyelidikan baru tentang asal usul pandemi yang telah menewaskan lebih dari empat juta orang dan melumpuhkan ekonomi di seluruh dunia, pertama kali muncul di kota Wuhan di China tengah.


WHO juga mendesak China untuk memberikan data pertama dari kasus COVID-19 guna melanjutkan kembali penyelidikan tentang asal-usul virus tersebut.


Namun disisi lain, pemerintah China mengatakan bahwa penyelidikan awal sudah cukup, untuk data lebih lanjut China beranggapan dimotivasi oleh politik daripada penyelidikan ilmiah.


"Kami menentang penelusuran politik ... dan mengabaikan laporan bersama" yang dikeluarkan setelah kunjungan tim ahli WHO ke Wuhan pada Januari, kata wakil menteri luar negeri Ma Zhaoxu kepada wartawan sembari mengatakan "Kami mendukung penelusuran ilmiah".


Menurutnya, asal mula penyebaran virus melalui kelelawar ke manusia adalah hal yang paling mungkin, daripada disebabkan kebocoran laboratorium virologi Wuhan "sangat tidak mungkin".


"Kesimpulan dan rekomendasi laporan bersama WHO dan China diakui oleh komunitas internasional dan komunitas ilmiah," katanya.


"Penelusuran global di masa depan harus dan hanya dapat dilakukan lebih lanjut berdasarkan laporan ini, daripada memulai yang baru," Ma Zhaoxu menegaskan.


(Red/The Asean Post)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • China Menolak Penyelidikan WHO Lebih Lanjut Soal Asal Usul Covid-19

Terkait

Iklan