Iklan

Disdik Medan Siap Gelar PTM, Aween Syah : Perhatikan Kesiapan Sekolah

Redaksi
17/09/21, 15:17 WIB Last Updated 2021-09-17T09:10:04Z

Ketua DPD BM PAN Kota Medan, Arwin Rahmadsyah, S.Sos.


Medan, NET24JAM.ID - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) memungkinkan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas pelaksanaan di daerah yang bukan zona merah dan bukan daerah berstatus PPKM Level 4 per 1 September.


Beredarnya pemberitaan bahwa Dinas Pendidikan Kota Medan siap menggelar PTM Terbatas, dengan jumlah guru dan murid yang telah divaksin.


Dalam hal ini, bukan hanya mencatat jumlah guru dan murid yang sudah di vaksin, namun harus tetap memperhatikan kesiapan sekolah dalam hal menyiapkan infrastruktur protokol kesehatan (prokes).


Selain itu, ketidaksiapan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Medan dinilai menjadi penghambat terlaksananya PTM Terbatas di Kota Medan.


Hal tersebut disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Barisan Muda Penegak Amanat Nasional (BM PAN) Kota Medan Arwin Rahmadsyah, S.Sos., Jumat (17/9/2021).


"Seharusnya Disdik Kota Medan sudah bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas dengan turun langsung ke sekolah-sekolah untuk mengetahui kondisi sekolah di kota Medan," tuturnya.


"Meninjau langsung kesiapan sekolah baik tentang protokol kesehatan (prokes) dari mulai alat mencuci tangan, masker dan lain sebagainya. Begitu juga dengan ruang sekolahnya, berapa persen jumlah siswa yang diperbolehkan dan berapa lama waktu pertemuan pembelajaran tatap muka terbatas," ujarnya lagi.


Pria yang akrab disapa Aween Syah ini mengatakan, jika Pemerintah Kota (Pemko) Medan perintahkan untuk  pembelajaran tatap muka terbatas, apakah sekolah di Kota Medan sudah siap?


"Jangan hanya mengklaim sepihak bahwa kota Medan sudah siap melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas. Coba tunjukkan sekolah mana yang memang sudah siap untuk itu? Sementara baik murid maupun wali murid sudah sangat berharap pembelajaran tatap muka terbatas dilaksanakan di Kota Medan," ketusnya.


Aween Syah memaparkan, beberapa daerah di Sumatera Utara sudah melakukan PTM Terbatas, sebab Dinas Pendidikan di daerah tersebut punya program dan dilaksanakan.


Sementara itu, masih kata Aween Syah, Kota Medan yang menjadi ibukota Provinsi Sumatera Utara belum bisa melakukan PTM Terbatas.


Apa Dinas Pendidikan Kota Medan tidak mempunyai program itu? tanya Aween Syah.


Sebagai Ketua DPD BM PAN Kota Medan, Arwin Rahmadsyah alias Aween Syah mengkritisi Dinas Pendidikan Kota Medan yang masih belum melakukan pembelajaran tatap muka terbatas.


"Sebagai generasi muda kita harus mengayomi adik-adik kita yang muda," tandasnya.


Disdik Medan Dinilai Tak Punya Formulasi Hadapi PTM Terbatas


Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman, mengaku hingga saat ini Disdik Kota Medan belum juga membuat formulasi yang akan dilaporkan ke Wali Kota Medan dan Wakil Wali Kota Medan jika pembelajaran tatap muka (PTM) Terbatas diberlakukan di Kota Medan.


“Ranah kita ini kan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), di bawah usia 12 tahun belum ada vaksin. 12 ke 17 tahun boleh. Jadi kalau kita mulai PTM Terbatas, formula yang harus dibuat harus betul-betul jeli. Terkait kondisi imun anak-anak ini kan fluktuatif. Jangan sampai, Pemko Medan disalahkan apabila ada anak-anak mereka terserang Covid-19,” ungkapnya kepada Waspada Online/Waspada.co.id, Jumat (10/9/2021).


Wakil Wali Kota menjelaskan, metode yang diterapkan Pemko Medan jika PTM diberlakukan adalah 25 persen dari jumlah rombel (rombongan belajar) atau kelas. Kemudian dilihat dalam satu rombel itu berapa jumlah siswanya dan dibuat berjarak. Apakah sudah ada persiapan dari sekolah?


“Apakah kepala sekolah sudah mengalokasikan dana BOS diperuntukkan kemari (persiapan PTM)? Ini harus kita telaah, apakah meja di sekolah itu sudah dibuat sekatan/pembatas dari akrilik? Apakah sekolah siap untuk itu? Harusnya siap, karena ini sudah triwulan ketiga pencairan dana BOS,” tanyanya.


Disdik Medan Diminta Siapkan Formulasi PTM Terbatas


Dikutip melalui laman Waspada.co.id, Anggota Komisi II DPRD Medan, Afif Abdillah, mengaku sudah berulang kali mengingatkan Dinas Pendidikan Kota Medan agar menyiapkan formulasi tepat menghadapi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang tinggal menunggu waktu. 


“Sebelum PPKM diberlakukan, kita sudah mendorong dinas pendidikan mempersiapkan formulasinya, baik berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan maupun mempersiapkan sarana dan prasarananya. Jangan sampai PTM sudah diperbolehkan, malah dinas pendidikan yang belum siap,” sindirnya menyikapi belum adanya formulasi Disdik Medan hadapi PTM, Rabu (15/9/2021).


Afif mengingatkan Dinas Pendidikan Kota Medan agar tidak terlena dengan perkembangan penyebaran Covid-19 yang mulai melambat dan segera mempersiapkan segala sesuatunya sampai dengan benar-benar ada lampu ijo untuk pelaksanaan PTM.


“Harusnya kita sudah buat persiapan sebelum dibuka (PTM), sehingga ketika benar-benar sudah boleh dibuka, dalam waktu yang sesingkat-singkatnya kita minta untuk dilaksanakan PTM,” ujarnya.


(Zulham/Tim)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Disdik Medan Siap Gelar PTM, Aween Syah : Perhatikan Kesiapan Sekolah

Terkait

Iklan