Iklan

Plt Wali KotaTanjungbalai Buka Sosialisasi Kerukunan Umat Beragama Pelajar SLTA Sekota Tanjungbalai

30/09/21, 02:50 WIB Last Updated 2021-09-29T20:08:19Z

 



Tanjungbalai,NET24JAM.ID -  Plt Wali Kota Tanjungbalai H. Waris Thalib secara resmi membuka Sosialisasi Kerukunan Umat Beragama Pelajar SLTA Kelas X Negeri dan Swasta seKota Tanjungbalai bertempat Raja Bahagia Resto di Jalan Arteri Tanjungbalai pada Rabu (29/9/2021).


Acara diselengarakan oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Tanjungbalai yang diikuti 60 peserta siswa/i tingkat SMA seKota Kerang Tanjungbalai.


Dalam kata sambutannya, Plt Wali Kota Tanjungbalai H.Waris Thalib mengatakan, peran FKUB sangatlah penting dalam mewujudkan kerukunan beragama.


Waris menyampaikan Apresiasi kepada FKUB atas kegiatan tersebut.

" Saya atas nama PemkoTanjungbalai Apresiasi dan menyambut baik kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih karena secara tidak langsung FKUB ikut membantu Program Pemerintah dan niat baik FKUB bisa membawa manfaat yang besar bagi Pelajar Tanjungbalai sebagai generasi penerus bangsa," ucap Waris.


Waris juga menekankan kegiatan FKUB harus dan benar benar selalu dihidupkan dimasyarakat kedepanya agar tercipta kedamaian dan kerukunan beragama.


Seluruh lapisan masyarakat Tanjungbalai dari semua aspek untuk terus menjaga Toleransi antar umat beragama dan kegiatan sosialisasi dapat memberikan pemahaman tentang regulasi kerukunan umat di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


Waris berharap kepada anak anak dapat merasakan nilai nilai persaudaraan diantara sesama dan selalu waspada terhadap gesekan yang dapat memecah belah agama.


Acara ini harus dijadikan momentum Kota Tanjungbalai untuk tidak menanamkan rasa toleransi melainkan tetap menjaga rasa kebersamaan dan rasa pesaudaraan yang harus dihadirkan, tegasnya.


Waris menambahkan, bahwa tidak ada perbedaan yang membedakan adalah Aqidah keyakinan yang tercermin pada Perekat 6 Agama yang ada diTanjungbalai Tugu Kerukunan yang berada di Waterfron City merupakan Simbol dan bukti tidak ada perpecahan sesama umat beragama.

Dan dilokasi tersebut akan dibangun kantor Sekretariat FKUB.


Diakhir kata sambutanya Plt Wali Kota H.Waris Thalib membacakan Al Qur'an Surat Al Hujat ayat 10 dan membaca Alkitab Kristiani Perjanjian Lama(Amsal) ayat ke 17 sebagai bukti ajaran agama mengajarkan perdamaian.


Kegitan tersebut berthemakan" Menjaga Kerukunan Umat Beragama dimasa Covid 19 Sebagai Pilar Moderasi Beragama" dan Sub Thema  " Dengan Semangat Kerukunan Beragama, Mari Jaga Diri Kita Keluarga Dengan Mematuhi Prokes Dan Menjadi Manusia Yang Berintaq DiKota Tanjungbalai".


Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua MUI Tanjungbalai H. Hajarul Aswadi, Kepala BNN Tanjungbalai Magdalena Sirait, Ketua FKUB Tanjungbalai Haidir Siregar.


Juga hadir segenap Pengurus FKUB Tanjungbalai diantaranya pengurus Perwakilan Lintas Agama Ust. Indra Syah (Agama Islam), Marolop Mangungsong (Khatolik), Amir Shah Samosir (Kristen Protestan), Vijay Kumar (Hindu), Hakim Tjao Kiem Lie ( Budha) dan Js Jolly perwakilan dari Kong Hu Chu.


Diakhir acara Plt Wali Kota Tanjungbalai menggelar pertanyaan spontan kepada seluruh siswa/i sosialisasi dan memberikan hadia beeuoa uang tunai bagi yang bisa menjawab pertanyaan seputar 6 agama.

Acara berakhir dengan tertib dan aman dengan tetap mengedepankan Protokol Kesehatan.

(Haryanto)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Plt Wali KotaTanjungbalai Buka Sosialisasi Kerukunan Umat Beragama Pelajar SLTA Sekota Tanjungbalai

Terkait

Iklan