Iklan

Advocat Alumni UMSU ( KAUM ) Show III Gelar Seminar Nasional Tentang Teroristme

03/10/21, 12:44 WIB Last Updated 2021-10-03T05:44:41Z

 




MEDAN,NET24JAM.ID -  Korps Advokat Alumni UMSU (KAUM) gelar seminar Nasional (KAUM SHOW III) mengangkat tema:  "Terorist, Manfaat Hukum Atau..?" Kegiatan seminar ini dilaksanakan di hotel Madani pada Sabtu (2/9/2021).


Eka Putra Zakran, SH MH (EPZA) Kepala Divisi Informasi dan Komunikasi KAUM yang juga merupakan Ketua Panitia KAUM SHOW III menerangkan bahwa acara seminar berjalan sukses, walau disana sini ada kekurangan tapi prinsipnya seminar berjalan sukses.


"Dari lubuk hati yang dalam, izinkan saya mengucapkan rasa sukur dan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan berkontribusi baik moril maupun materil dalam rangka mensukseskan seminar nasional teroris ini," ujar EPZA.


EPZA membeberkan, kegiatan KAUM SHOW seri yang ke-III ini, KAUM sengaja mengangkat tema: "Teroris, Manfaat Hukum Atau..?" 

Hal ini merupakan hasil keputusan rapat yang cukup alot dalam pemilihan teman Central acara di Internal KAUM. 


"Isu teroris saat ini menjadi perhatian penting bagi KAUM setelah ditangkapnya kembali 6 orang yang diduga teroris oleh Densus 88 Anti Teror Polri pada sekitar tanggal 17 Agustus 2021 yang lalu di Sumatera Utara.


"Setelah kita bedah secara bersama dalam rapat pengurus KAUM, maka kita sampai pada suatu kesimpulan bertanya, "Isu Terorist ini murni manfaat hukum atau apa ya?" dan perdebatan penetapan tema ini sangat alot. Soalnya, masalah teroris tidak kunjung selesai dan sifatnya seperti musiman. Nah, inilah salah satu Urgensi yang mendasari digelarnya seminar nasional tentang teroris, terang EPZA.


Selaku panitia, kita sudah bekerja secara ekstra maksimal, berupaya menghadirkan para Narasumber yang Berkompeten untuk membicarakan persoalan terorisme ini. 


Sebut saja misalnya dari BNPT RI hadir Direktur Deradikalisasi Prof. Dr. Irfan Idris, MA, dari Densus 88 hadir Korwil Bengkulu AKBP Dr. Imam Subandi, SS SH MH, dari DPD RI ada kiman video Virtual Dr. Dedi Iskandar Batubara, S.Sos SH MSP, dari Akademisi/Pengamat Sosial hadir Drs. Shohibul Anshor Siregar, MSI dan dari Praktisi Hukum ada Ketua DPC Ikadin Medan Dr. Azwir Agus, SH M.Hum. Nah, secara keseluruhan saya lihat para Narasumber ini memang ahli. Pemahaman mereka tentang kajian terorisme ini luar biasa, terang EPZA.


Selain itu, sejatinya ada dua lagi Narasumber, yaitu dari Kodam I Bukit Barisan, namun karena Pangdam seminggu terakhir ini sedang berada di Papua untuk kegiatan PON, sehingga belum ada intruksi kepada bawahan, termasuk Kejatisu juga batal hadir di karena belum ada intruksi dari atasan, begitu pun hasil koordinasi kita lakukan dengan Staf Kasi Fenkum Kejatisu Sumut.


Pun demikian tidak jadi penghalang, mungkin pada kain kesempatan akan kita coba undang lagi. Karena terus terang isu terorisme ini selalu menarik untuk diperbincangkan.


Diluar itu yang perlu saya sampaikan bahwa para peserta KAUM SHOW III yang kita undang dari eksternal KAUM agar Output acara dapat menjangkau kepada masyarakat luas. 

Yang kita undang dalam seminar ini para Ketua-ketua atau Pimpinan Organisasi, termasuk mantan teroris Wak Geng dan Toni Togar yang juga memberikan pandangan dan pengalamannya selaku mantan teroris. 


Harapanya agar hasil seminar terorisme ini dapat tersampaikan secara luas kepada para anggota masing-masing, itu stresingnya. 

Dan Alhamdulillah Animo peserta cukup tinggi. Tidak ada bangku yang kosong, bahkan saya lihat di luar ruangan banyak yang menunggu, baik dari unsur intelejen, pers dan segenap unsur pengurus KAUM, tutup EPZA.

(Epza)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Advocat Alumni UMSU ( KAUM ) Show III Gelar Seminar Nasional Tentang Teroristme

Terkait

Iklan