Iklan

BMKG Maritim Belawan Medan Ingatkan Warga Waspadai Banjir Rob

06/10/21, 19:21 WIB Last Updated 2021-10-06T12:27:50Z




Belawan,NET24JAM.ID -  Warga yang berada di Pesisir harus Waspada terhadap Fenomena Banjir atau Banjir Rob.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Belawan Medan memberikan Informasi kepada masyarakat yang berada dipesisir.


Kepala Stasiun Meteorologi Belawan Medan Sugiono mengatakan, kondisi tersebut berpotensi terjadi akibat adanya Aktivitas Pasang Air lat maksimum yang diprediksikan terjdi pada 6 sampai 11 Oktober 2021.


Banjir Rob sering terjadi pada dini hari sehingga masyarakat yang terdampak banjir Rob harus lebih waspada, kata Sugiono pada (6/10/2021).


Kondisi tersebut dapat berdampak pada terganggunya Transportasi di sekitar Pelabuhan dan Pesisir serta aktivitas masyarakat dan juga kegiatan Bongkar Muat di Pelabuhan, tambahnya.


Masuarakat juga diminta siaga untyk mengantisipasi dampak banjir Rob serta mengikuti perkembangan Informasi Cuaca Maritim dari BMKG.


Tak lupa Sugiono kembali mengajak mengenal Kearifan Lokal seperti mengembalikan fungsi lahan dan tata kelolanya penanaman hujan Nangrove dan agar tidk membuang sampah sembarangan dan juga harus terus berkoordinasi dengan pihak Pemerintah untuk penangnan banjir Rob, ujar Sugiono.


Disetiap terjadi pasan Rob dipesisir Belawan ada Anam Kelurahan di Kecamatan Medan Belawan yang sudah menjadi langganan terendam air banjir kerap terjadi banjir Rob, yakni Belawan Sicanang, Belawan Bahari, Belawan Bahagia, Belawan Satu, Belawan Dua dan Bagan Deli atau bahkan meluas ke wilayah lainya.


"Bahkan Banjir Rob pada pekan ini termasuk daratan yang agak tinggi dengan pasang tertinggi mencapai2,7 meter pada pukul 00.00 Wib hingga 05.00 Wib, ujar Sugiono.


(Red/ Sumber)



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • BMKG Maritim Belawan Medan Ingatkan Warga Waspadai Banjir Rob

Terkait

Iklan