Iklan

DR, Drs Pantas H. Silaban, MBA., Sebut ; "Desa Wisata Bukan Sekedar Tentang Keberhasilan Tetapi Kesejahteraan"

30/10/21, 13:07 WIB Last Updated 2021-10-30T06:07:50Z

Silalahi, NET24JAM.lD -  Direktur Pasca Sarjana Universitas HKBP Nomensen Medan DR, Drs Pantas H Silaban, MBA., yang hadir sebagai narasumber di session hari terakhir dalam kegiatan "Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata" di Kecamatan Silahi Sabungan tepatnya di aula Hotel Debang Resot pada hari Sabtu 30/10/2021.


Dalam kegiatan yang dihadiri Peserta dari 5 (Lima) Desa yang ada di Kecamatan Silahi Sabungan Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara, session terakhir dalam Pelatihan ini narasumber menyampaikan bahwa kita harus "Mengelola industri pariwisata melalui wisata yang ada".


Jika wisata kita maju, maka semuanya kita maju dan sejahtera, mulai dari pemilik Homestay, tukang sapu, parkir, semuanya harus maju dan sejahtera.


Untuk mendapatkan atau mencapai tujuan kita itu, kita harus mengubah pola pikir dan kebiasaan buruk kita, terlebih yang ada pada budaya orang kita Batak "HOTEL" (Hosom, Teal, Elat, Lateh) itu harus dibuang, usaha yang maju harus terus di sokong, bukan semakin kita kepanasan dan iri hati karena keberhasilan usaha orang lain.


"Desa Wisata Bukan Sekedar tentang Keberhasilan Tetapi Kesejahteraan,harus ada kata rela dari diri kita, serta berkata uang bukan segala-galanya tetapi damai dan sejahtera itu segalanya, Pak Jokowi Jokowi pernah menyampaikan kita harus Toleransi, toleransi itu apa, harus Damai, pengunjung banyak karena pengunjung melihat bahwa tempat yang di kunjungi itu aman dan kondusif.


Dari pengalaman keberhasilan usaha Desa wisata, satu prinsip yang paling mendasar, adalah adanya kesepahaman diantara stakeholder atau seluruh pemangku kepentingan di Desa tentang arah pengembangan Desa menjadi tujuan Wisata dan rela untuk melakukan perubahan dalam interaksi sosial yang mengutamakan keramahtamahan.


Suara atau lobat boleh keras, tetapi pilihan kata-katanya yang santun. Wajah boleh biasa-biasa, tetapi dengan kehadiran senyuman akan melahirkan keramahan yang di perlukan, metode ini memang sesuatu yang sederhana tetapi sangat di perlukan.


Kita harus rela mengorbankan fasilitas, lahan dan waktu kita, untuk kemajuan pembangunan Desa Wisata kita, kalau tidak ada lahan, dimana dan bagaimana Pemerintah membangun fasilitas umum yang dapat di nikmati wisatawan, ujarnya dengan senyum kecil.


Kasi Pengembangan Ekonomi Kreatif Dairi Anna Verawati Silaban SE, MM., menyampaikan kepada Net24jam.id bahwa Kecamatan Silahi Sabungan memiliki banyak tempat Spot Wisata, yang tidak kalah dengan tempat wisata lainnya seperti Bali, kita harus optimis bahwa kita dapat memajukan Tao Silalahi sampai keseluruh dunia.


Pelatihan yang telah di laksanakan selama 3 (Tiga) hari ini baik metode pelatihan dan ketika kita pada hari kedua langsung ke Lapangan, semoga perbekalan yang telah di terima dapat segera di aplikasikan di masyarakat


Dengan kerjasama antara Pemerintah dan masyarakat, kita optimis Kecamatan Silahi Sabungan yang berada di Kabupaten Dairi ini akan menjadi daerah Wisata yang luar biasa, walaupun itu tidak semudah membalikkan telapak, tapi kita pasti bisa, tuturnya dengan penuh semangat, sambil menutup "Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata" di Kecamatan Silahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara. (MB Napitupulu)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • DR, Drs Pantas H. Silaban, MBA., Sebut ; "Desa Wisata Bukan Sekedar Tentang Keberhasilan Tetapi Kesejahteraan"

Terkait

Iklan