Iklan

BPN Pastikan Lahan Garapan Bahsorma dan Gurilla HGU Aktif Milik PTPN III

18/11/21, 11:01 WIB Last Updated 2021-11-18T04:01:26Z



Pematang Siantar,NET24JAM.ID -  Sudah tak terbantahkan lagi jika lahan yang berada di Kelurahan Basorma dan Gurilla Kecamatan Siantar Sitalasari yang selama ini diolah oleh para penggarap merupakan HGU Aktif milik PTPN III Unit Kebun Bangun.


Pernyataan ini disampaikan dengan tegas petugas BPN dalam rapat kordinasi bersama Forkopimca Kecamatan Siantar Sitalasari Rabu (17/11) di Aula Kantor Camat Siantar Sitalasari.


Rapat yang dihadiri Kapolsek Siantar Martoba AKP. Amir Mahmud, Danramil Siantar Barat Kapten Suheri, Camat Siantar Sitalasari Abdiriadi  Siregar, S.Stp dan unsur Forkopimca serta pihak dari BPN Kota Pematang Siantar diwakili Kasi I Eko Pramono dan Elfijar sedangkan dari BPN Simalungun diwakili Raya Tamba.


Dalam rapat Forkopimca beserta jajarannya BPN Kota Pematang Siantar dan Simalungun dengan tegas menyatakan bahwa lahan yang diolah penggarap di Kelurahan Gurilla dan Bahsorma Kecamatan Siantar Sitalasari Merupakan HGU Aktif dan Sah menurut hukum  milik PTPN III Unit Kebun Bangun.


"BPN sudah memenuhi undangan hadir kembali menjelaskan apa yang harus dijelaskan kepada masyarakat tapi karena tidak ada masyarakat disini, kami tetap menegaskan karna satu hal bahwa PTPN menguasai berdasarkan sertifikat No. 1/Kota Pematang Siantar, jadi ini HGU aktif," terang Efrijal.


Terpisah Konsultan Hukum PTPN III Ramces Pandiangan, SH., MH., saat dikonfirmasi NET24JAM.ID Rabu (17/11/2021) terkait adanya Coretan disertifikat dari no 3 menjadi nomor 1 menjelaskan.


"Harus dibedakan antara perubahan yang dilakukan sebelum akta ditandatangani dan setelah akta ditandatangani, perubahan yang dilakukan sebelum akta ditandatangani disebut dengan Renvoi," terangnya.


 "Jika akta telah ditandatangani, perubahan yang dapat dilakukan adalah pembetulan kesalahan tulis dan/atau kesalahan ketik yang terdapat pada Minuta Akta yang telah ditandatangani atau perubahan yang tidak substansial," pungkas Ramces


(Bambang)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • BPN Pastikan Lahan Garapan Bahsorma dan Gurilla HGU Aktif Milik PTPN III

Terkait

Iklan