Iklan

China Memanas, Kapal Perang Amerika Serikat Lintasi Selat Taiwan

23/11/21, 18:40 WIB Last Updated 2021-11-23T11:50:32Z





Jakarta,NET24JAM.ID -     Ditengah terjadinya ketegangan hububungan antara Taipei dengan China, kembali Kapal Perang Ameika Serikat melintasi Selat Taiwan dalam kegiatan rutin Militer AS Manuver kapal perangnya pada Selasa (23/11/2021).



Pernyataan Angkatan Laut Amerika Serikat dikutip dari Reuters, Transit kapal perang AS melintasi Taiwan menunjukkan Komitmen AS untuk Indo - Pasifik yang bebas dan terbuka,Militer AS Terbang, Berlayar dan Beroperasi diwilayah manapun yang mendapat izin Hukum Internasional.



Sampai saat ini pemerintah China belum merespon aktifitas manuver kapal perang AS tersebut yang selama ini dinilai oleh Pemrintah Beijing sebagai bentuk Provikasi.



Pada sebelumnya Pemerintah China mengecam tindakan AS dan Kanada yang bersamaan mengirimkan kapal perangnya ke Selat Taiwan, Negara China menilai pengiriman kapal tersebut mengancam Perdamaian dan Stabilitas Kawasan.


Pihak Militer China mengatakan, Taiwan adalah bagian daru Teritorial China, Militer China selalu menjaga kewaspadaan Tingkat Tinggi dan dengan Tegas melawan semua Ancaman dan Provokasi.



Amerika Serikat sendiri kerap megerahkan kapal perangnya melewati Selat Taiwan hampir setiao bulan dan hal tersebut memicu kemarahan China.



Tak hanya Amerika Serikat, sekutu Amerika Serikat Negara Inggris salah satunya juga melakukan pengirman kapal perang mereka di Titik Panas.



Hubungan antara China dan Amerika Serikat memanas dikarenakan AS selalu menyuarkan dukungannya terhadap kemerdekaan Taiwan, sementara China terus mengklaim Taiwan adalah sebahagian dari wilayah China.


Dalam beberapa analist Taiwan sendiri telah mencatat 680 kali pesawat tempur China menerobos Zona Identifikasi Pertahanan Udara Taiwan (ADIZ) sepanjang tahun ini.



Negara Amerika Serikat tidak mempunyai hububgan Diplomatik yang Formal dengan Negara Taiwan, namun memiliki Relasi dekat dengan Taiwan, terutama dalam bidang Pertahanan dengan Taiwan sesuai dengan Taiwan Relation Act pada Tahun 1979.



(Red/ Sumber)


Editing : Misdi

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • China Memanas, Kapal Perang Amerika Serikat Lintasi Selat Taiwan

Terkait

Iklan