Iklan

Sidang Sengketa Tanah Ditunda, Hakim PN Lubuk Pakam Diminta Objektif Berikan Putusan

Redaksi
09/11/21, 21:40 WIB Last Updated 2021-11-09T14:40:15Z

PN Lubuk Pakam saat menggelar sidang lapangan dipimpin langsung oleh hakim diketuai Rina Lestari br Sembiring guna mendengar keterangan pihak para penggugat dan tergugat terhadap tanah tersebut.


Deli Serdang, NET24JAM.ID - Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Lubuk Pakam menunda sidang pembacaan putusan perkara sengketa tanah di Jalan Serasi Desa Sei Semayang Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara.


Sidang ditunda karena majelis hakim belum mempersiapkan berkas putusan terhadap perkara perdata sesuai dengan Register Nomor 78/Pdt.G/2021/PN.LBP.


Semula, sidang beragenda pembacaan putusan akan digelar pada Senin (8/11/2021) sekira pukul 10.00 Wib. Namun sidang pembacaan putusan mengalami penundaan hingga Senin 15 November 2021 mendatang.


"Hakim belum siap putusannya," kata tim kuasa hukum penggugat yakni Andi Ardianto, SH., pasca sidang perkara perdata di PN Lubuk Pakam, Selasa (9/11/2021).


Andi memaparkan dengan adanya penundaan putusan tersebut semoga majelis Hakim bisa memberikan keputusan yang objektif.


"Majelis hakim menunda persidangan dengan alasan putusan belum siap," paparnya.


"Majelis hakim harus memiliki pertimbangan yang matang dan objektif dalam menilai selama jalannya persidangan," ujarnya menambahkan.


Seperti diketahui sebelumnya, sengketa tanah antara warga dengan PTPN 2 di Jalan Serasi Desa Sei Semayang, Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara (Sumut) terus bergulir.


Bagaimana tidak, di lahan tersebut, 52 warga menggugat I Gede Hurip, PTPN II, BPN Deli Serdang dan Notaris atas permasalahan tanah yang dibeli oleh para penggugat secara kaplingan dari I Gede Hurip.


Sesuai dengan Register Nomor 78/Pdt.G/2021/PN.LBP. Pengadilan Negeri Lubuk Pakam sudah pernah menggelar sidang lapangan yang dipimpin langsung oleh hakim diketuai Rina Lestari br Sembiring guna mendengar keterangan pihak para penggugat dan tergugat terhadap tanah tersebut.


Akan tetapi, para penggugat yang didampingi tim kuasa hukum, sangat menyayangkan pihak BPN Deli Serdang tidak jadi melakukan pengecekan titik koordinat atas tanah tersebut saat dilaksanakannya sidang lapangan.


Padahal sebelumnya juga pada saat persidangan, Ketua Majelis Hakim PN Lubuk Pakam sudah memerintahkan kepada pihak BPN Deli Serdang untuk membawa alat penentuan titik koordinat pada saat sidang lapangan.


Sementara itu, Kepala Kantor Pertanahan (BPN) Kabupaten Deli Serdang, Drs. Fauzi yang dikonfirmasi belum memberi keterangan seputar hal tersebut.


Kendati demikian, upaya konfirmasi terus dilakukan sehingga kasus ini menjadi terang-benderang.


(Ridwan)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sidang Sengketa Tanah Ditunda, Hakim PN Lubuk Pakam Diminta Objektif Berikan Putusan

Terkait

Iklan