Iklan

Dikarenakan Stress dan Depresi Pengungsi Asal Afganistan Nekat Bakar Diri

01/12/21, 00:00 WIB Last Updated 2021-11-30T17:03:26Z


Medan,NET24JAM.ID -      Pengungsi asal Afganistan yang menggelar Aksi Menginap didepan Gedung United Nation High Commissioner for Refugees (UNHCR) di Jalan Listrik  Medan untuk mencari Suaka setelah selama 30 hari mengalami defresi melakukan aksi nekat bakar diri pada Selasa (30/11/2021) yang terjadi sekitar pukul 10.30 Wib.



Menurut dugaan salah seorang  pengungsi asal Afganistan tersebut mengalami Stress dan Defresi sehingga nekat membakar diri dengan menggunakan bahan bakar, akibatnya mengalami luka bakar yang cukup serius disekitar tubuhnya.


Sebelum melakukan aksi nekatnya, salah seorang pengungsi asal Afganistan tersebut terlebih dahulu sudah menyiapkan bahan bakar dalam tas miliknya.


Menurut keterangan salah seorang saksi mata warga sekitar Yani menyebutkan, sebelum malakukan aksi nekatnya pria tersebut sempat berjalan mondar mandir kesana kemari diparkiran mobil dan berjalan mengarah salah satu tiang selanjutnya menyiramkan bahan bakar keseluruh tubuhnya dan membakarkan dirinya dengan sebuah mancis.


"Iya, dia dari pagi mondar mandir saja kesana kemari, kurasa mau beli bahan bakar (bensin) dan ditaruh didalam tasnya, terus dia jalan ke parkiran mobil itu, dari tiang warna putih itu kemudian dia menyiram bahan bakar ke badanya," ujar Yani.



Menurut keterangan Yani sebelum melakukan aksinya, salah seorang temannya sempat datang untuk menghalangi namun pria tersebut tetap nekat membakar dirinya.




Setelah membakar diri Pengungsi asal Afganistan tersebut berusaha masuk kedalam gedung namun sempat dihadang oleh Security dan berupaya memadamkan api dengan menggunakan alat Damkar dan api akhirnya dapat dipadamkan dari tubuh salah seorang pengungsi tersebut.



Setelah api dapat dipadamkan kemudian pria tersebut dilarikan ke Rumah Sakit tak jauh dari lokasi kejadian guna mendapat perawatan medis.



Disisi lain Koordinator Pengungsi asal Afganistan Medan, Juma mengatakan peristiwa tersebut bukan kali pertama terjadi, Juma menyebutkan sudah beberapa orang telah melakukan upaya bunuh diri.


"Ini bukan kali pertama terjadi upaya percobaan bunuh diri, sudah 14 orang yang bunuh diri dan 6 orang kita selamatkan termasuk ini salah satunya dan ini yang ke 7 kita selamatkan dengan kondisi hidup, mereka melakukan hal tersebut dikarenakan Stress dan Depresi selama berada di Indonesia dan mengalami hidup ketidakjelasan selama Tujuh sampai Sepuluh tahun," jelaskan Juma.



Juma membenarkan kejadian tersebut dan pelaku stress depresi dan sempat mengalami sakit jiwa, pria tersebut bilak balik minta tolong IOM dan UNHCR akan tetapi tidak mendapat tanggapan.



Kondisi saat ini pria asal Afganistan mengalami luka bakar yang cukup serius disekujur tubuhnya di bagian wajah tangan dan bagian belakang kanan dan kiri dan kini masih dalam perawatan medis.



(Red/detikcom)


Editor : Misdi

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dikarenakan Stress dan Depresi Pengungsi Asal Afganistan Nekat Bakar Diri

Terkait

Iklan