Iklan

Gunung Sumeru Erupsi, Puskesmas Setempat Kekurangan Obat, Oksigen dan Makanan

05/12/21, 02:48 WIB Last Updated 2021-12-04T19:50:18Z




Lumajang,NET24JAM.ID -     Akibat dari erupsi Gunung Sumeru, warga sekitar mengalami luka bakar dan sesak nafas efek dari awan panas yang melanda pemukiman warga di Kabupaten Lumajang Jawa Timur yang terjadi pada Sabtu (4/11/2021.



Warga yang mengalami luka bakar dan sesak nafas padati Fasilitas Kesehatan Puskesmas Penanggal Candipuro Kabupaten Lumajang.



Menurut keterangan Kepala Puskesmas Penanggal dr. Lya Aristin mengatakan fasilitas kesehatan Puskesmas Penanggal dan kapasitas ruangan sudah tidak mampu lagi melayani seluruh korban letusan Gunung Sumeru, dan menurut  Lya pihaknya kekurangan peralatan kesehatan dan obat obatan serta oksigen.


"Kami sudah kekurangan alat untuk mengusung pasien (Branker), obat luka, dan Analgetik (pereda nyeri)," ucap Lya pada Sabtu (4/12/2021).



Akibat dari erupsi sebahagian besar warga mengalami sesak nafas dan luka bakar, oleh sebab itu saat ini pihak Puskesmas sangat membutuhkan Oksigen dan obat luka bakar untuk merawat para warga korban.



"Banyak warga yang mengalami sesak nafas dan luka bakar dibagian wajah dan pembengkakan," jelaskan Lya.



Pihak Puskemas sendiri sangat mengharapkan bantuan secepatnya berupa Okseigen untuk penanganan medis terhadap warga agar kembali pulih dan terselamatkan.



Untuk sementara waktu pihak Puskesmas Penanggalan masih mendapat bantuan dari pihak Puskesmas sekitar baik itu berupa Ambulance, obat obatan dan Oksigen, tandas Lya.


(Red/Sumber)

Editting: Misdy

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Gunung Sumeru Erupsi, Puskesmas Setempat Kekurangan Obat, Oksigen dan Makanan

Terkait

Iklan