Iklan

Inspektur Pengawasan Umum Polri ; Kapolres Angkat Telfon Wartawan

05/12/21, 14:54 WIB Last Updated 2021-12-05T12:27:39Z


Jakarta,NET24JAM.ID -     Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Agung Budi Maryoto sentil Kapolres yang enggan mengangkat Telfon wartawan yang mencari dan menggali Informasi seharusnya meminta waktu untuk mengumpulkan data bukan mengabaikan panggilan telfon wartawan.



Himbuan Irwansum tersebut penyampaian dari Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo dan Komjen Agung Budi Maryoto juga sependapat belum maksimalnya melayani Media.


"Pak Kapolri menyampaikan bahwa belum maksimalnya dalam melayani Media, dan saya sependapat dengan pak Kapolri, apabila ada pihak Media ataupun wartawan yang hendak konfirmasi menggali informasi dan kalau memang Pimpinan Kapolres belum siap datanya, bisa saja mengatakan tunggu sesaat untuk meminta waktu 10 sampai 30 menit sambil mencari data,"jelaskan Komjen Agung.



Hal tersebut disampaikan disela sela Apel Kasatwil Polri Tahun Anggaran 2021  dalam kata sambutannya di Bali pada Jum'at (3/12/2021).



Penegasan Komjen Agung Budi Maryoto agar tidak terjadi kesalahfahaman dan merupakan Atensi bagi pihak Kepolisian Negara Republik Indonesia.


"Jangan terus malah telfonya tidak dijawab, kemudian pastinya wartawan akan menelfon Kapolda, nah Kapolda kalau belum tau belum diberi laporan jawabnya susah, pada akhirnya, kepada Pimpinan Polri, ini tolong menjadi atensi kita semua," tegaskan Agung.



Untuk mengantisipasi isu Nasional, Agung memberi penjelasan kepada Kapolres diharuskan mampu meredam berita Viral yang ada didaerah masing masing, beliau mewanti wanti hal tersebut jangan sampai terjadi, Kapolri juga menyinggung hal tersebut untuk sesegera mungkin meredam dan segera diklarifikasi dan kalau perlu meminta ma'af sehingga tidak harus viral.




Disisi lain Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono menghimbau kepada Kapolres harus melakukan "Visit Media", dan Agung menambahkan para Kasatwil dan Kapolres harus langsung memberi Klarifikasi prihal Pemberitaan dan yang paling utama berital Viral.



"Kami menghimbau kepada Kasatwil dan Kapolres segera mengklatifikasi secepatnya apabila ada pemberitaan di Media, jadi secepatnya menjawab, segera klarifikasi sehingga tidak menjadi berita viral, kemudian Wakapolri juga tadi menyampaikan silahkan Visit Media, bisa datangi dengan bersilahturahmi untuk menjalin hubungan Emosional yang Baik," ujar Komjen Agung.



Dikesempatan yang sama Agung menyarankan Jajaran Kewilayahan agar supaya menggandeng Tokoh tokoh yang terkenal untuk membantu meredam isu viral, dan beliau kembali menegaskan, masalah yang sudah selesai tidak perlu diungkit kembali sehingga tidak menjadi besar lagi di Pemberitaan atau pun dimedia sosial.



Dipenghujung sambutanya Komjen Agung menyarankan untuk mendekati tokoh tokoh yang mempunyai Followers untuk membangun kerja sama dalam meredam Viralnya suatu kejadian.


"Kami menyarankan mungkin ada tokoh tokoh yang punya Followers yang banyak agar segera bersilahturahmi untuk membantu Klarifikasi  dan meredam apabila ada Kesatuannya yang Viral juga tidak perlu mempublikasikan apabila terjadi suatu masalah yang sudah Cooling Down, artinya kalau masalah sudah selesai agar jangan diberitakan lagi malah dibesar besarkan oleh Media Mainstream maupun Media Sosial, jadi tolong," pungkas Irwansum Polri Komjen Agung Budi Meryoto.


(Red/Bhayangkaranews)



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Inspektur Pengawasan Umum Polri ; Kapolres Angkat Telfon Wartawan

Terkait

Iklan