Iklan

Peras Kades, Oknum Wartawan dan LSM Nyangkut

05/12/21, 10:54 WIB Last Updated 2021-12-05T03:54:45Z



Mesuji,NET24JAM.ID -     Diduga Oknum Wartawan dan LSM  lakukan tindak pidana pemerasan terhadap beberapa Kepala Desa diamankan petugas Polres Mesuji di Kecamatan Way Serdang pada Jum'at (3/11/2021).



Kedua oknum tersebut diamankan Anggota Polres Mesuji di salah satu tempat dikolam pemancingan di Desa Simpang Pematang Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji.



Doketahui kedua pelaku berinisial ZAF (52) warga Desa Sumber Sari Kecamatan Meraksa Aji Kabupaten Tulang Bawang dan RH (47) warga Desa Sidang Bandar Jitu Utara Kabupaten Mesuji, penangkapan keduanya berdasarkan laporan korban dengan No LP/B/433/XIII/2021/SPKT Polres Mesuji.



Kapolres Mesuji AKBP Yuli Haryudi SE melalui Kasat Reskrim Iptu Fajrian Rizki STK SIK MSi membenarkan penangkapan kedua pelaku telah melakukan tindak pidan pemrasan terhadap Kepala Desa yabg berada di Kecamatan Way Serdang, keduanya berhasil diamankan beserta barang bukti Satu unit Mobil Avanza warna hitam dengan Nopol B 1834 TR, uang tunai Rp6.000.000,-, 1 unit hand phone androit dan non androit dari tangan pelaku.



Kejadian berawal pelaku melakukan konfirmasi terkait diduga penyelewengan Angaran Desa Tahun 2019/2020 dan pada hari Kamis (18/11/2021) pelaku ZAF kembali menghubungi Kades berinisial AA terkait masalah anggaran dana dan berita tersebut agar supaya tidak dinaikan, selanjutnya pelaku meminta sejumlah uang agar temuan mereka tidak di beritakan.



Bukan hanya AA yang menjadi korban pemerasa kedua oknum tersebut, akan tetapi Kepala Desa berinisial S dan juga mantan Kepala Desa berinisial K juga menjadi korban pemerasan.

Sementara S diminta sejumlah uang sebesarRP 10.000.000,- dan K diminta Rp 25.000.000,-.



Kasat Reskrim dalam keterangannya mengatkan, pada Jum'at (3/12/2021) kedua oknum menghubungi korban untuk menyerahkan uang yang sudah disepakati di Rumah Makan Yunda, namun dikarenakan lokasi tersebut ramai mereka memutuskan untuk pindah lokasi dan disepakati pertemuan di Kolam Pancing di Desa Simpang Pematang, jelaskan Fajrian.



Dilokasi kolam pemencingan Kepala Desa S dan seorang saksi berinisial P bertemu pelaku dan menyerahkan sejumlah uang sebesar Rp 6.000.000,-,  pada saat terjadi penyerahan uang tersebut, anggota Satreskrim Polres Mesuji melakukan penangkapan kedua pelaku tanpa perlawanan yang berarti.


Selanjutnya kedua pelaku diboyong ke Mapolres Mesuji beserta barang bukti sejumlah uang guna pemeriksaan lebih lanjut.


Atas perbuatanya kedua pelaku disangkakan Pasal 368 KUHPidana Pemerasan dengan ancaman hukuman maksimal 9 tahun penjara.


(Red/ Sumber)


Editting : Misdy

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Peras Kades, Oknum Wartawan dan LSM Nyangkut

Terkait

Iklan