Iklan

Tipu Calon Mertua Melarikan Diri ke Kalimantan, Seorang Wanita Berhasil Ditangkap Satreskrim Polres Tanjung Balai

06/12/21, 16:02 WIB Last Updated 2021-12-06T09:03:43Z





Tanjung Balai,NET24JAM.ID -   Sat Reskrim Polres Tanjung Balai harus bekerja extra dalam mengamankan seorang perempuan terduga Tindak Pidana Penipuan dan Penggelapan terhadap calon mertuanya dan berhasil ditangkap pada Kamis (2/12/2021.



Kapolres Tanjung Balai AKBP Triyadi SH SIK membenarkan kejadian tindak pidana penipuan dan penggelapan yang dilakukan oleh seorang wanita berdasarkan laporan korban.


Korban diketahui bernama Jaringan Sihotang (59) warga Jalan Jamin Ginting Lingkungan IV Kelurahan Sirantau Kecamatan Datuk Bandar Kota Tanjung Balai.



Korban melaporkan pelaku bernama Lilitan Simbolon alias Intan (28) warga Jalan Sidomulyo Indah Kelurahan Landasan Ulin Timur Kecamatan Kota Banjar Baru Provinsi Kalimantan Selatan.



Pelaku diamankan Satreskrim Polres Tanjung Balai berdasarka lalporan korban atas tindak pidana penipuan dan penggelapan yang terjadi pada (2/5/2020) lalu sekitar pukul 11.30 Wib.



Menurut keterangan Kapolres kejadian bermula keluarga dari pihak pelapor dan keluarga Hotmin Sinurat sepakat untuk memperkenalkan anak mereka bernama Irwin Sihotang yang merupakan anak pelapor bernama Jaringan Sihotang dengan Lilitan Intan Simbolon anak dari Hotmin Sinurat.


Kemudian pada tanggal (2/5/2020) sekitar pukul 11.30 Wib Lilitan Simbolon menerima uang dari Jaringan Sihotang sebslesar Rp 7.000.000,-  melalui setor tunai antar Bank dari Bank BRI ke Bank Mandiri dengan Slip Transfer terlampir, namun setelah dilakukan pengecekan ternyata penerima transferan atas nama Hariono Marbun bukan bermarga Simanjuntak, hal tersebut pihak dari korban merasa tertipu dan atas kejadian tersebut pelapor mengalami kerugian uang berjumlah Rp 7.000.000,-.



Selanjutnya berdasarkan laporan korban,  Satreskrim Polres Tanjung Balai dipimpin Kanit Idik I Sat Reskrim Polres Tanjung Balai Ipda M. Reza Fahrurrozy STrk melakukan penyidikan keberadaan pelaku dan dan setelah megetahui keberadan pelaku berdasarkan informasi pelaku tinggal di Kost kosannya didaerah Landasan Ulin Kota Banjar Baru Kalimantan Selatan.



Selanjutnya Satreskrim Polres Tanjung Balai membentuk Tim untuk melakukan penangkapan pelaku yang berada di Kalimantan Selatan dengan membentuk Tim yang salah satu anggota Tim seorang Polwan dipimpin Ipda M. Reza Fahrurrozy.



Sesampainya di Kalimantan Selatan, bersama Tim Polda Kalimantan Selatan dan Opsal Polres Banjar Baru serta Opsal Polsek Banjar Baru Kota yang dipimpin oleh Panit I Unit II Jatanras Polda Kalsel Iptu Joni Arif SH, pada Kamis (2/12/2021) sekiar pukul 12.30 Wita Tim Gabungan berhasil menangkap pelaku dirumah kost milik pelaku di Rt 02/Rw 09 Sidomulyo Raya Landasan Ulin Timur Kota Banjar Baru Kalimatan Selatan.



Setelah melakukan penangkapan keesokan harinya pelaku dibawa kembali ke Tanjung Balai didampingi oleh anggota Polwan selama diperjalanan, sesampainya di Tanjung Balai pelaku dibawa ke Polres untuk dilakukan pemeriksaan terhadap pelaku Intan.


Kini Intan ditetapka sebagai tersangka dan terhadap dirinya telah dilakukan penahanan berdasarkan kasus penipuan dan penggelapan, atas perbuatanya tersangka dijerat KUHPidana Pasal 378 dan Pasal 372 dengan ancaman hukuman penjara minimal 4 tahun penjara.



(Bambang)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tipu Calon Mertua Melarikan Diri ke Kalimantan, Seorang Wanita Berhasil Ditangkap Satreskrim Polres Tanjung Balai

Terkait

Iklan