Iklan

Hasil Kinerja 2021 Polrestabes Medan Paparkan Pemusnahan Barang Bukti Narkotika Senilai 30 Miliar

11/01/22, 19:46 WIB Last Updated 2022-01-11T13:32:01Z
Kapolrestabes Medan Kombes Riko Sunarko Paparkan Pemusnahan Narkotika Senilai Miliaran Rupiah Di Mapolrestabes Medan


Medan,NET24JAM.ID -

Polrestabes Medan paparkan  pemusnahan Narkotika hasil Tangkapan di tahun  2021 senilai Rp 30 Miliar pada Konfrensi Pers di Mapolrestabes Medan Selasa (11/1/2022).

Turut hadir dalam kegiatan pemusnahan Narkotika, Wakil Walikota Medan (mewakili), Kajari Kota Medan (mewakili), Kasat Intelkam, Kasat Sabhara, Kasatres Narkoba, Kasi Propam, Kasi Humas, Wakasatres Narkoba, Kapolsek Medan Helvetia, KBO Satres Narkoba, Labfor Polda Sumut dan Para Kanit Satres Narkoba.


Pemusnahan Narkotika tersebut berupa 32,724,4 kg Narkotika jenis Sabu sabu, Daun Ganja kering 18,777 kg dan Narkotika jenis Pil Eksatasi berjumlah 12.406 butir yang keseluruhannya dimusnakan dengan cara dibakar.


Kapolrestabes Medan Kombes Riko Sunarko didampingi Kasat Narkoba Kompol Rafles L Putra Marpaung mengatakan, pengungkapan kasus penyalahgunaan Narkotika tersebut hasil dari tangkapan berdasarkan laporan dari masyarakat diberbagai tempat di Kota Medan.


Barang haram yang dimusnahkan tersebut juga dari hasil tangkapan Polsek Medan Helvetia berupa 9 kg Sabu sabu dan 13 ribu pil Ekstasi.


Dari hasil tangkapan Narkotika turut diamankan para tersangka yang dilakukan Sat Narkoba Polrestabes Medan beserta jajaran dalam upaya memberikan rasa Aman kepada masyarakat Kota Medan.


"Dari tindak pidana Narkotika tersebut juga kita amankan 15 orang pengedar Narkoba yang sudah diamankan anggota kita di Polrestabes Medan," kata Riko.


Kapolrestabes Medan Kompol Riko Sunarko Saat Memusnahkan Narkotika Kedalam Mesin Pembakar


Kapolres menjelaskan dari Analisis sementara harga jual eceran Nrkotika jenis Sabu per Satu gram mencapai harga Rp 650 ribu dan dalam per Satu gramnya dapat dikonsumsi 10 orang, jadi dari hasil pemusnahan sabu diasumsikan berhasil menyelamatkan sekitar 330.684 orang, untuk ekstasi terselamatkan 12.776 orang serta ganja terselamatkan 190.021 orang. 


Dari hasil penangkapan tindak pidana penyalahgunaan Narkotika tersebut para tersangka atas perbuatannya dikenakan Pasal 114 ayat (2) UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, para tersangka masing masing dihukum dengan hukuman mati, seumur hidup dan maksimal 20 tahun serta minimal 6 tahun penjara.


Diakhir penyampaian Kapolrestabes Medan Kombes Riko Sunarko menegaskan tidak ada lagi tempat bagi pengedar Narkoba di Kota Medan khususnya diwilayah Hukum Polrestabes Medan.



"Tidak ada tempat bagi Pengedar Narkoba di Kota Medan akan kita Sikat habis dan bila ada yang melalukan perlawanan aka kita ambil tindakan tegas terukur," pungkas Kapolres.



(Red/tribratanews)


Edittor : Misdi

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hasil Kinerja 2021 Polrestabes Medan Paparkan Pemusnahan Barang Bukti Narkotika Senilai 30 Miliar

Terkait

Iklan