Iklan

Oknum Kades Rampas HP Wartawan dan Halangi Tugas Jurnalist

13/01/22, 01:45 WIB Last Updated 2022-01-12T18:51:08Z
Kantor Kades Sarng Torop Sergai Tampak Tertutup 



Sergai,NET24JAM.ID -

Oknum Kepala Desa Sarang Torop Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten Sergai Sumatera Utara, Irwanto Naibaho diduga menghalangi tugas wartawan dalam melakanakan tugas sebagai Control Sosial  yang berprofesi sebagai Jurnalist pada Senin (10/1/2022).



Kejadian tersebut berawal dari salah seorang wartawan dari salah satu Media Online berinisial HBP berkunjung ke Kantor Desa Sarang Torop dalam rangka Koordinasi Prihal permohonan dan undangan kegiatan Media sekaligus akan melakukan Konfirmasi terkait Anggaran Dana Desa Tahun 2021.



Namun pada saat awak media melakukan konfirmasi terkait Penggunaan Dana Desa dan Kegiatan Pembangunan serta tidak adanya Papan APBD di Kantor Desa dan juga mengambil Dokumentasi berupa Gambar dan Video, Irwanto Naibaho Kepala Desa Sarang Torop merasa keberatan dan merampas Hand Phone milik wartawan tersebut dari tangannya seraya memrintahkan kepada Perangkat Desanya untuk mengahpus gambar serta video yang diambil oleh awak media tersebut.



Untuk menghindari perdebatan alhasil awak media terdebut mengurungkan niatnya untuk Konfirmasi terkait Penggunaan Anggaran Dana Desa Tahun 2021 tersebut.



Untuk melanjutkan Konfirmasi ulang atas peristiwa tersebut, awak media mencoba kembali namun sayangnya Kepala Desa yang bersangkutan tidak berada ditempat dan anehnya pintu Kantor Kepala Desa Sarang Torop dalam keadaan terbuka namun dihalangi jerjak pintu besi yang disengaja dipasang dan dikunci serta tidak diperbolehkan wartawan untuk masuk ke dalam.




Melihat salah seorang Perangkat Desa yang mengaku sebagai Kaur Umum saat ditanyai prihal kejadian penghapusan dokumen Gambar dan Video dari Hand Phone awak Media mengatakan bahwa hal tersebut merupakan perintah dari Irwanto Naibaho selaku Kepala Desa Sarang Torop.


"Itu karena memang arahan dari pak Kades," jelaskan Kaur Umum.


Dari pantaun awak media yang berupaya untuk ketemu dengan Kepala Desa Sarang Torop, didalam Kantor tersebut tampak seorang pria yang mengenakan topi yang mengaku sebagai tamu dan melarang wartawan masuk kedalam kantor Kades dengan alasan Kepala Desa tidak berada didalam Kantor.



"Gak ada orangnya didalam bang, gak boleh masuk, Kadesnya tidak ada, lain kali aja bang, saya disini tamu kenapa rupanya," jawab yang diketahui bernama Joni sembari berjalan keluar dari pintu belakang sambil menelfon seseorang.




Selang tak berapa lama kembali datang seseorang yang hanya mengenakan pakaian dalam berupa kaos singlet tangan bertato sembari berkata, kalau dirinya mau mencari keributan sambil mengepalkan tangan dan meninju salah satu tiang disekitar.


"Abang dari mana, ada masalah ya, mau cari ribut, mau konfirmasi apa?," kata pria bertato bernama Darta warga Desa Dolok Masihul tersebut.



Dalam hal ini Irwanto Naibaho Kepala Desa Sarang Torop diduga melakukan tindakan semena mena terhadap wartawan yang hendak melakukan konfirmasi dan berusaha menghindar serta menakut nakuti wartawan dengan mengahadirkan seorang Preman.



Dari hasil penelusuran awak media tersebut, belakangan diketahui Irwanto Naibaho Kepala Desa Sarang Torop juga merupakan Karyawan PTPN III Kebun Sarang Ginting, awak media mencoba konfirmasi terhadap Tobing yang merupakan Asisten Afdeling IV Kebun Sarang Ginting atasan dari Irwanto Naibaho dan membenarkan bahwa Irwanto Naibaho bekerja sebagai Karyawan Pemel dan mengatakan bahwa Irwanto kerap cuti bila ada urusan Pemrintahan Desa.


"Ya Irwanto anggota kita dan sebagai Pemel disini dan sering cuti bila ada urusan di Desa, dalam minggu ini dia juga cuti, nanti kita tanyakan kepada Kerani saya kapan beliau tidak masuk," jelaskan Tobing.


Pada Rabu (12/1/2022) awak media kembali mencoba konfirmasi via Wahts App dan mengatakan bahwa awak media tersebut tidak "Sopan".


"Dia diajarikan yang sopan kalau punya anggota Pak.. dan diajarkan juga aturan yang bermitra ini," balasan via WA.


Ketika ditanya prihal menurutnya ketidak sopanan yang dilakukan awak media dan melanggar Kode Etik Jurnalist yang bisa ditindak tegas, Irwanto Naibaho tidak dapat menjelaskan, dan saat dibubungi berulang kali  tidak menjawab telfon dari awak media tersebut walaupun Aplikasi WA terlihat Online dan berdering.


Disisi lain Camat Dolok Masihul saat hendak dikonfirmasi belum dapat dibubungi dikarenakan sedang ada Peralihan Jabatan.


(Red/liputan4com)

Edittor : Misdi

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Oknum Kades Rampas HP Wartawan dan Halangi Tugas Jurnalist

Terkait

Iklan